Rabu, 22 Agustus 2018

Puasa Usai, Wabup Jember Harapkan Dampak Positif untuk ASN

Sabtu, 16 Juni 2018 08:22:28 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Puasa Usai, Wabup Jember Harapkan Dampak Positif untuk ASN

Jember (beritajatim.com) - Ramadan telah berlalu. Wakil Bupati Abdul Muqit Arief berharap ibadah puasa sebulan penuh berdampak positif terhadap perilaku dan etos kerja aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Jember.

"Saya berharap, menunaikan ibadah puasa jangan hanya berharap pahala dari Allah SWT. Tapi juga ada keinginan bagaimana ibadah puasa memperbaiki jati diri kita, akhlak kita, hubungan hablum minallah (relasi dengan Tuhan) dan hablum minannas (relasi dengan sesama manusia). Perintah puasa dalam Alquran jelas sekali: agar ketakwaan kita meningkat," kata Muqit.

Ketakwaan ini terlihat dari perilaku. "Harus ada keinginan untuk memperbaiki diri, akhlak terhadap sesama, terhadap Tuhan. Urusan pahala kita serahkan sepenuhnya kepada Allah. Lebih penting bagaimana (implementasi) ketakwaan dalam kehidupan sehari-hari," kata Muqit.

Muqit melihat selama Ramadan, para ASN sudah berlatih ketakwaan. "Misalnya, berbagi takjil gratis, menyantuni anak yatim, senang beribadah. Itu manifestasi ketakwaan. Saya berharap setelah bulan Ramadan selesai. Kalau saat ini kita senang menyantuni orang berpunya, setelah Ramadan bagaimana tindak lanjutnya," katanya.

"Ibadah Ramadan jangan dianggap ibadah yang berdiri sendiri," kata Muqit. Justru, makna ibadah Ramadan terlihat setelah bulan puasa berakhir. [wir]

Komentar

?>