Sabtu, 20 Oktober 2018

Kembali Gelar Lomba dan Pameran Foto, Ini Tujuan Pemkot Surabaya

Sabtu, 26 Mei 2018 10:46:55 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Kembali Gelar Lomba dan Pameran Foto, Ini Tujuan Pemkot Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) kembali menggelar kegiatan tahunan lomba foto.

Kegiatan ini merupakan serangkaian dari Peringatan Hari Jadi Kota Surabaya ke 725. Dalam lomba foto tahun ini, Pemkot Surabaya mengambil tema "Enjoy Public Space" karena Kota Surabaya sangat terkenal dengan semakin banyaknya ruang publik untuk memanjakan warganya.

Tiga dewan juri profesional pun disiapkan dalam mendukung penilaian juara. Mereka adalah Pakar Tata Kota ITS Johan Silas, Ketua PSS Surabaya Tan Josua Victor dan Dosen Fotografi Universitas Widya Mandala Surabaya Noveina Dugis.

Sebanyak 28 karya foto terbaik dipamerkan di Grand City Surabaya, panitia mengambil tiga juara dan 10 nominator terbaik yang sebelumnya telah dilakukan penilaian oleh para dewan juri.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya M. Taswin mengatakan bahwa sebuah karya foto selain menjadi sebuah dokumen yang penting, juga bisa menginspirasi banyak orang, melalui pesan yang disampaikan.

Selain itu, lanjutnya, selama ini Pemkot Surabaya menyampaikan hasil-hasil pembangunan kemajuan kota melalui media foto. "Dalam konteks Kota Surabaya, saya juga menggunakan foto sebagai salah satu cara menyampaikan hasil-hasil pembangunan Kota Surabaya, dalam paparan saya," kata Taswin, saat membuka pameran foto yang bertempat di Grand City Surabaya itu.

Disisi lain, sambungnya, para insan fotografi Surabaya juga mempunyai peran penting dalam membantu menyampaikan pembangunan kota di mata dunia. Oleh karena itu, pemerintah Surabaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para insan fotografi yang telah membantu dalam mempromosikan kota Surabaya di mata dunia. "Karena itu pentingnya dunia fotografi, maka Pemkot Surabaya secara rutin menyelenggarakan kegiatan ini," jelasnya.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser menambahkan bahwa melalui gelaran ini, potret nyata kebahagiaan masyarakat Surabaya dapat diabadikan dan dinikmati bersama. "Melalui lomba foto ini, kita ingin mengenalkan dimana keceriaan warga kota, dimana memanfaatkan sarana dan prasana yang disiapkan oleh Pemerintah Kota," ujar Fikser.

Terlebih lagi, menurut Fikser, berdasarkan fakta bahwa tahun 2017 Pemkot Surabaya mendapatkan penghargaan Learning City Awards dari UNESCO terkait dengan ruang terbuka maka melalui agenda tahunan ini pemerintah ingin menyampaikan kepada warganya agar bisa menikmati fasilitas publik yang telah disediakan oleh Pemkot Surabaya. "Melalui pameran ini, kita juga ingin mengenalkan kepada warga Surabaya. Silahkan warga datang menikmati fasilitas dan berbagai isinya," pungkasnya. [ifw/kun]

Komentar

?>