Rabu, 17 Oktober 2018

107 Lembar Surat Suara Pilkada di Pamekasan Rusak

Sabtu, 26 Mei 2018 07:54:56 WIB
Reporter : Samsul Arifin
107 Lembar Surat Suara Pilkada di Pamekasan Rusak

Pamekasan (beritajatim.com) - Sebanyak 107 lembar surat suara pasangan pilbup Pamekasan dan Pilgub Jawa Timur, ditemukan rusak saat proses pemilahan dan pelipatan alias sortir yang dilakukan tim sukarelawan di Gudang Logistik KPU Pamekasan di Jl Pintu Gerbang, Kelurahan Bugih, Kecamatan Pamekasan.

Jumlah tersebut meliputi sebanyak 14 lembar surat suara pilbup Pamekasan, serta sebanyak 93 lembar surat suara pilgub Jatim. "Memang saat proses sortir ditemukan surat suara rusak, tapi jumlahnya tidak banyak dan hanya puluhan saja," kata Komisioner KPU Pamekasan Moh Syamsul Muarif, Sabtu (26/5/2018).

"Lembaran surat suara yang kita katagorikan rusak masih kita teliti, sebab katagori rusak ini bermacam-macam. Seperti kertas kusut, warna memudar atau bahkan sobek dan lain sebagainya," sambung pria yang menjabat sebagai Divisi Logistik KPU Pamekasan.

Hanya saja jumlah kerusakan tersebut tidak menjadi kendala berarti, sebab terdapat surat suara cadangan yang memang disiapkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Termasuk di antaranya jika terdapat surat suara rusak dan lainnya. "Surat suara cadangan disiapkan 2,5 persen dari jumlah total surat suara," jelasnya.

"Kalau ternyata surat suara rusak melebihi surat suara cadangan, tentunya kami harus cetak lagi. Tapi surat suara yang rusak justru belum mencapai 2,5 dari surat suara cadangan yang memang sudah dipersiapkan," imbuhnya.

Sebelumnya terdapat sebanyak 700.173 lembar surat suara pasangan calon bupati dan wakil bupati Pamekasan, serta sebanyak 698.173 lembar surat suara pasangan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim yang disiapkan untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar Rabu (27/6/2018) mendatang.

Pada pelaksanaan pilbup bakal diikuti dua pasangan kandidat yang akan bersaing memperebutkan jabatan sebagai bupati dan wakil bupati Pamekasan, periode 2018-2023. Masing-masing pasangan Badrut Tamam dan Raja'e (Berbaur) serta pasangan calon KH Kholilurrahman dan Fathor Rohman (Kholifah).

Kedua pasangan tersebut masing-masing didukung empat partai politik (parpol) berbeda, Berbaur diusung dan didukung PAN, Partai Gerindra, PKB dan PKS. Sedangkan paslon Kholifah didukung empat parpol lainnya, meliputi Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai NasDem dan PPP.

Sedangkan pelaksanaan Pilgub Jatim juga diikuti dua pasangan kandidat, masing-masing pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Listanto Dardak serta pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Soekarnoputri. Keduanya bakal bersaing memperebutkan posisi sebagai gubernur dan wakil gubernur Jatim periode 2018-2023.

Sementara KPU Pamekasan sudah menetapkan sebanyak 680.392 orang sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2018. Terdiri dari sebanyak 382.430 DPT laki-laki dan sebanyak 351.962 DPT perempuan yang tersebar di 1.583 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan berbeda.

Jumlah tersebut sudah ditetapkan dalam Rapat Pleno DPT yang digelar di Gedung PKP RI Jl Kemuning, Rabu (18/4/2018) lalu. Sekalipun tidak menutup kemungkinan nantinya bakal kembali ada tambahan jumlah DPT yang tercover dalam DPT Tambahan. [pin/kun]

Komentar

?>