Senin, 15 Oktober 2018

Dishub Surabaya Pasang 8 CCTV Deteksi Wajah di Terminal Purabaya

Kamis, 24 Mei 2018 16:05:29 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Dishub Surabaya Pasang 8 CCTV Deteksi Wajah di Terminal Purabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Dinas Perhubungan Kota Surabaya berkomitmen untuk melengkapi terminal Purabaya dengan 8 CCTV baru. Kamera-kamera itu nantinya akan menggunakan teknologi canggih yang bisa mengenali wajah.

CCTV yang akan dipasang itu akan melengkapi 32 unit kamera serupa yang sudah dipasang oleh jajaran Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat menyampaikan bahwa delapan kamera tersebut akan dipasang di sejumlah pintu masuk terminal. “Kamera terbaru jenis ini 60 persen bisa mendeteksi wajah,” bebernya.

Pemasangan kamera CCTV itu menurut Irvan ditujukan guna menciptakan suasana yang aman dan nyaman di Terminal. "Nantinya, Dinas Perhubungan Kota Surabaya juga akan bekerjasama dengan Kepolisian dan Dispendukcapil untuk mengetahui data warga dan para terduga pelaku kejahatan. Calo bus pun akan mudah dikenali,” tegas Irvan.

"Dengan pemasangan kamera tersebut, pihaknya akan mudah memetakan, apakah orang-orang yang ada di sekitar terminal calon penumpang atau calo bus. Semua kejadian di Terminal terekam, termasuk tindak kriminal seperti mungkin pembiusan, gendam, perampokan dan sebagainya,” tambahnya.

Di sisi lain, Irvan juga menegaskan bahwa selama arus mudik dan balik nanti Dinas Perhubungan akan menerjunkan sekitar 500 personel.

"Mereka bertugas selama 24 jam. Dalam pengamanan terminal selama arus mudik dan balik lebaran, selain aparat dinas perhubungan juga melibatkan satpol PP, linmas dan aparat TNI/Polri," pungkas Irvan.[ifw/ted]

Komentar

?>