Jum'at, 20 Juli 2018

Ini Hasil Survei Pilgub Jatim dari Alvara Research Centre

Selasa, 22 Mei 2018 18:53:07 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Ini Hasil Survei Pilgub Jatim dari Alvara Research Centre

Jakarta (beritajatim.com) - Survei terbaru untuk Pilgub Jatim 2018 menunjukkan bahwa pasangan Khofifah-Emil Dardak memiliki prosentase pemilih yang lebih tinggi dibandingkan kompetitornya. Hal itu terlihat pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Alvara Research Centre, Selasa (22/5/2018).

Pada metode survei terbuka, pasangan dengan nomor urut 1 itu memperoleh 48 persen suara responden. Sedangkan Gus Ipul-Puti sebagai paslon nomor dua hanya mendapatkan 41.9 persen.

""Hasil survei ini cukup mengejutkan. Karena pada survei sebelumnya September 2017 lalu, elektabilitas Khofifah hanya 35,9 persen," ungkap CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali.

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan bahwa elektabilitas Khofifah Indar Parawansa saat berpasangan dengan Emil Dardak mengalami lonjakan yang signifikan yakni sebesar 11,1 persen.

"Dilihat distribusi dukungan terhadap pasangan kandidat ini berdasarkan jenis kelamin pemilih, maka terlihat bahwa pemilih wanita (54,4 persen) lebih condong mendukung pasangan Khofifah-Emil," beber Ali lebih lanjut.

"Sedangkan dari usia pemilih, pasangan Khofifah-Emil berhasil memikat pemilih milenial. Khofifah-Emil unggul di kelompok usia 17 – 35 tahun," pungkasnya.

Sebagai informasi, Alvara Research Centre melakukan survei dalam kurun waktu 29 April-5 Mei 2018. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode metode multistage random sampling.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 800 responden yang berusia 17 tahun ke atas dan tersebar secara proporsional di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Survey itu juga mempunyai tingkat kepercayaan 95 persen, serta margin of error 3,46 persen. [ifw/but]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>