Sabtu, 18 Agustus 2018

Terindikasi Tak Netral di Pilkada, ASN Diperiksa Bawaslu Pamekasan

Senin, 14 Mei 2018 15:13:57 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Terindikasi Tak Netral di Pilkada, ASN Diperiksa Bawaslu Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) - Bawaslu Pamekasan memeriksa sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pamekasan yang terindikasi mendukung salah satu pasangan calon tertentu pada pelaksanaan pilkada serentak 2018.

Temuan tersebut terindikasi melalui foto yang tersebar di berbagai jejaring media sosial (medsos) dan menunjukkan dukungan terhadap salah satu kandidat bupati dan wakil bupati Pamekasan. "Ada 14 ASN yang kami mintai keterangan terkait temuan dari hasil pengawasan di lapangan," kata Ketua Bawaslu Pamekasan Abdullah Saidi, Senin (14/5/2018).

"Mereka terindikasi mendukung salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Pamekasan, semua ASN yang terindikasi sudah kami mintai keterangan satu persatu di kantor Bawaslu Pamekasan," sambung pria yang akrab disapa Saidi.

Mengacu pada regulasi yang ada, seluruh ASN harus netral dan dilarang keras terlibat dalam politik praktis. Apalagi menyatakan dukungan terhadap salah satu pasangan calon tertentu yang akan bersaing pada momentum pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, Rabu (27/6/2018) mendatang.

"Setelah ini kami akan menyampaikan pemberitahuan kepada Inspektorat (Pemkab Pamekasan) terkait temuan ini, sebab kalau kami dari Bawaslu Pamekasan tidak memiliki wewenang untuk memberikan sanksi kepada yang bersangkutan. Semuanya tergantung internal inspektorat," ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga menginstruksikan jajarannya di tingkat kecamatan agar terus meningkatkan pengawasan, terlebih saat ini sudah memasuki tahapan kampanye politik. "Pengawasan ekstra itu penting, karena ini menyangkut kualitas demokrasi yang akan kita laksanakan," tegasnya.

"Dari itu kami Bawaslu Pamekasan menginginkan agar pesta demokrasi lima tahunan ini berlangsung jujur, adil dan berkualitas. Apalagi hal itu juga menjadi harapan dari semua pihak, termasuk seluruh masyarakat ataupun yang terlibat dalam pelaksanaan pilkada mendatang," pungkasnya.

Hanya saja pihaknya enggan membeberkan nama-nama ASN di lingkungan Pemkab Pamekasan yang terlibat dukung mendukung terhadap salah satu paslon tertentu dalam pelaksanaan pilkada serentak 2018. Baik ASN yang mendukung pasangan Badrut Tamam dan Raja'e (Berbaur) ataupun paslon Kholilurrahman dan Fathor Rohman (Kholufah). [pin/but]

Komentar

?>