Selasa, 22 Mei 2018

Pakar: Khofifah-Emil Paham Data, Gus Ipul-Puti Mengerti Kebutuhan Rakyat

Rabu, 09 Mei 2018 16:12:43 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Pakar: Khofifah-Emil Paham Data, Gus Ipul-Puti Mengerti Kebutuhan Rakyat

Surabaya (beritajatim.com) - Kedua pasangan calon pada Pilgub Jatim 2018, Khofifah-Emil Dardak dan Gus Ipul-Puti, kembali mendapatkan apresiasi terkait penampilan keduanya pada debat publik antar paslon kedua, Selasa (8/5/2018) malam lalu. 

Kali ini, apresiasi itu datang dari sosiolog politik asal Unesa Agus Mahfud Fauzi. Ia memandang, kedua pasangan calon semakin memiliki visi yang saling memperkuat untuk memajukan Jawa Timur.

"Debat semalam pun sudah jauh lebih baik apabila dibandingkan yang pertama. Debat kusir sudah tak lagi terlihat. Keduanya mempertontonkan kedewasaan dalam bersikap dan berpendapat," kata Agus, Rabu (9/5/2018).

Lebih lanjut, mantan Komisioner KPU Jatim ini juga berpendapat bahwa kedua paslon juga memiliki keunggulan masing-masing.

"Keunggulan yang Paslon 1, dia hafal data kuantitatif. Kelebihan Paslon 2, dia pro rakyat dan mengetahui kebutuhan mereka secara langsung," jelas Agus.

Di sisi lain, demi pelaksanaan debat yang benar-benar mampu memberikan pemahaman, konsultan politik Bangun Indonesia ini menegaskan bahwa harus ada pola debat yang dikembangkan oleh kedua pasangan calon.

"Untuk debat ketiga nanti, keduanya perlu berdebat yang tidak harus menyerang untuk menjatuhkan, tetapi berdebat untuk memperdalam visi dan misi," pungkas Agus.

Sebelumnya, pakar komunikasi politik asal Unair Suko Widodo juga mengapresiasi gaya debat dari masing-masing pasangan calon. 

Menurut Suko, pasangan Khofifah-Emil memiliki gaya komunikasi dengan diksi yang sesuai pada materi pembahasan. Sedangkan, pasangan Gus Ipul-Puti memilih langkah tepat dengan penggunaan bahasa yang mudah dicerna.[ifw/ted]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>