Selasa, 16 Oktober 2018

DPRD Jember Desak Polisi Tertibkan Tambang Liar

Jum'at, 27 April 2018 21:42:21 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
DPRD Jember Desak Polisi Tertibkan Tambang Liar

Jember (beritajatim.com) - Ketua Komisi B DPRD Jember, Jawa Timur, Bukri mendesak agar penambangan galian C liar ditertibkan oleh aparat pemerintah daerah. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember masih punya hak melakukan evaluasi.

"Kalau memang penambangan itu tidak punya izin, segera saja ditertibkan. Ini agar penambangan liar tidak terus berkepanjangan. Alam ini hancur," kata Bukri.

Bukri meminta Disperindag Jember mengambil langkah proaktif untuk berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. "Turun ke bawah, agar ada tindakan kongrit sehingga penambangan liar tidak terus-menerus," katanya.

Bukri sudah tidak bisa menoleransi penambangan liar tersebut. "Di desa saya saja ada empat. Ada yang di pinggir sungai, dan tanpa izin karena perizinan ada di Pemprov," katanya.

Bukri meminta kepada gubernur agar pemerintah daerah diberi kewenangan untuk menangani hal ini. "Dewan punya kewenangan mengevaluasi. Saya akan sampaikan tersurat kepada polisi dan Satuan Polisi Pamong Praja untuk menertibkan," katanya.

Bukri juga berharap Pemprov Jatim segera bertindak dengan cepat mendirikan unit pelayanan teknis yang menangani penambangan di kabupaten. "Pemprov harus ada tindakan cepat dan tegas, agar ekosistem di Jember tidak rusak. Saya dari dulu minta Pemkab Jember punya kewenangan menangani tambang galian C," katanya. [wir/kun]

Tag : dprd jember

Komentar

?>