Rabu, 19 September 2018

BPBD dan Tim Gabungan Gelar Simulasi Gempa di Pamekasan

Jum'at, 27 April 2018 03:51:36 WIB
Reporter : Samsul Arifin
BPBD dan Tim Gabungan Gelar Simulasi Gempa di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan bersama Tim PosdalOps dan tim lainnya menggelar simulasi penangan bencana alam di area Kantor Bank Jatim di Jl Panglima Sudirman, Kamis (26/4/2018).

Simulasi tersebut dilakukan dengan menerapkan bencana gempa bumi dengan kekuatan 4,5 Skala Richter, dimana sejumlah korban terjebak di antara reruntuhan tembok dan plafon kayu akibat dahsyatnya gempa. Sehingga petugas gabungan berupaya keras mengevakuasi dan menyelamatkan para korban.

"Selain untuk keterampilan, simulasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepekaan petugas jika suatu saat terjadi bencana alam," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan Budi Cahyono kepada sejumlah wartawan.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga sengaja menggandeng beberapa instansi lain untuk bersama-sama melakukan simulasi sebagai upaya simulasi bencana. Di antaranya Scurity Bank Jatim, Kodim 0826, PMI, Tagana Dinsos, Satpol-PP, Forum Relawan Penanggulangan Bencana, Pramuka Saka Bhayangkara dan beberapa relawan lainnya.

Bahkan simulasi juga berlangsung seru dengan menggunakan berbagai peralatan penanggulangan bencana, semisal 1 unit mobil rangers BPBD, 1 unit truk serbaguna, 1 unit mobil Sabhara Polres Pamekasan, 4 tamdu PMI Pamekasan dan sejumlah peralatan P3K. [pin/suf]

Tag : bencana alam

Komentar

?>