Sabtu, 20 Oktober 2018

Penggunaan PKH untuk Kampanye Paslon, Ini Kata Praktisi Hukum

Kamis, 26 April 2018 02:12:34 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Penggunaan PKH untuk Kampanye Paslon, Ini Kata Praktisi Hukum
Fahmi Bachmid

Surabaya (beritajatim.com) - Penyalahgunaan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk dukungan kepada salah satu pasangan calon di Pilgub Jatim 2018 yang terjadi di Lamongan sangat mencederai proses demokrasi.

"Kasus ini harus ditindak tegas. Ini uang negara yang dipakai bantuan dan khusus bagi mereka sangat miskin yang dikeluarkan berdasarkan data Kemensos. Artinya, ini ada penyalahgunaan uang negara," kata praktisi hukum Fahmi Bachmid di Surabaya, Rabu (25/4/2018).

Karenanya, Fahmi meminta Panitia Pengawas Pemilu dan Badan Pengawas Pemilu harus serius dalam mengusut tuntas kasus tersebut. Bahkan, kasus tersebut sangat dimungkinkan tidak hanya terjadi di Lamongan, tapi juga di daerah lain.

"Bukan lagi Panwaslu, tapi Bawaslu Pusat harus turun tangan untuk monitoring. Ini diduga bukan hanya di Lamongan," ungkapnya.

Menurutnya, kasus penyalahgunaan program Pendamping Keluarga Harapan bisa ditindak secara hukum pidana. Ia juga berharap, tidak hanya ditemukan pelakunya, tetapi juga yang menyuruh menyelipkan stiker paslon nomor 1.

"Bisa ditindak proses secara hukum. Ini bisa dipidanakan tergantung Bawaslu, ditelusuri harus muncul siapa yang menyuruh. Tidak mungkin ada orang yang bilang tanpa ada suruhan atau yang menyuruh. Ini tidak boleh berhenti disini," harapnya.

Fahmi menyayangkan upaya penyalahgunaan uang negara untuk kepentingan salah satu kandidat Pilgub Jatim.

"Yang sangat keberatan adalah ini adalah orang miskin, tolong jangan dipolitisasi. Jangan dibawa ke kanan ke kiri, biarkan menggunakan hati nuraninya, apalagi menggunakan uang negara," tambah Fahmi.

Sekadar diketahui, Seorang pendamping PKH di Lamongan dilaporkan oleh warga penerima manfaat PKH, karena telah melakukan kampanye dengan menyelipkan gambar Khofifah-Emil disertai ajakan mencoblos saat memberikan kartu PKH. [tok/suf]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>