Rabu, 15 Agustus 2018

KPU Pamekasan Segera Evaluasi Pelaksanaan Debat Publik

Kamis, 26 April 2018 00:57:34 WIB
Reporter : Samsul Arifin
KPU Pamekasan Segera Evaluasi Pelaksanaan Debat Publik

Pamekasan (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan berencana untuk segera melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan debat publik calon bupati dan wakil bupati dalam rangka pelaksanaan pilkada serentak 2018.

Sebab pada pelaksanaan debat publik perdana yang digelar di Hotel Odaita Jl Raya Sumenep 88, Selasa (24/4/2018) malam. Terdapat beberapa hal yang harus dibenahi, sekalipun pada debat semalam berlangsung lancar tanpa kendala berarti.

Hanya saja pihaknya komitmen untuk segera berbenah sekaligus menerapkan proses debat publik agar lebih baik. "Secara umum pelaksanaan debat berjalan dengan baik dan lancar, walaupun masih ada hal yang belum memuaskan bagi salah satu pihak," kata Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah, Rabu (25/4/2018).

"Selanjutnya kita akan evaluasi, karena bagaimanapun juga kita perlu segera melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk pelaksanaan debat publik berikutnya. Tentunya demi kebaikan sekaligus merespon keluhan seputar kegiatan debat perdana," ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga tidak menampik adanya beberapa kesalahan yang terjadi selama proses debat berlangsung. Di antaranya durasi yel-yel pendukung masing-masing pasangan calon yang justru disiarkan dalam kondisi live (on air) melalui radio.

"Sebelumnya sudah disepakati bahwa yel-yel tidak boleh disiarkan dalam kondisi live, sementara hal itu terjadi miskomunikasi dengan moderator yang memimpin jalannya debat publik. Tapi yang pasti kita akan evaluasi, karena pada dasarnya kami berharap debat ini bisa memuaskan semua pihak," jelasnya.

Berdasar Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Debat publik dijadwalkan digelar sebanyak tiga kali dalam proses pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Selain debat perdana, dua debat publik lainnya bakal digelar KPU Pamekasan selaku penyelenggara pilkada serentak 2018. Masing-masing dilaksanakan Senin (7/5/2018), serta Kamis (21/6/2018) mendatang sebagai proses debat pamungkas. [pin/suf]

Komentar

?>