Selasa, 22 Mei 2018

Pilkada Pamekasan, Pelaksaan Debat Kandidat Dinilai Tidak Lazim

Rabu, 25 April 2018 06:28:39 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Pilkada Pamekasan, Pelaksaan Debat Kandidat Dinilai Tidak Lazim

Pamekasan (beritajatim.com) - Mantan Ketua KPU Pamekasan Imaduddin sangat menyayangkan program debat kandidat calon bupati dan wakil bupati Pamekasan yang berlangsung di Hotel Odaita di Jl Raya Sumenep 88, Selasa (24/4/2018) malam.

Hal itu disampaikan menyusul pengaturan waktu dalam program debat yang berlanngsung mulai pukul 19:00 hingga 22:00 WIB terkuras dengan jadwal break ataupun yel-yel pendukung masing-masing pasangan calon. Sehingga penyampaian gagasan dan ide yang semestinya menjadi prioritas justru sangat minim.

"Penyelenggara dalam hal ini harus segera melakukan evaluasi, sebab setting (pengaturan) acara justru tidak lazim. Khususnya dalam aspek pengaturan waktu," kata Imaduddin usai pelaksanaan debat kandidat kepada beritajatim.com.

Kondisi tersebut membuat jalannya debat terkesan lebih didominasi program serimonial, padahal semestinya pemaparan gagasan dan ide harus lebih diprioritaskan. Khususnya berkenaan dengan visi misi dan program masing-masing pasangan calon yang akan bersaing dalam pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar Rabu 27 Juni 2018.

"Dalam pelaksanaan debat tadi, durasi waktu penyampaian ide dan gagasan hanya 2' menit, durasi break 5' menit dan yel-yel masing-masing pendukung pasangan calon 4' menit. Semestinya durasi waktu untuk penyampaian ide dan gagasan lebih banyak dari durasi waktu lainnya," ungkapnya.

Disinggung soal jalannya debat antar pasangan Badrut Tamam dan Raja'e (Berbaur) dan pasangan KH Kholilurrahman dan Fathor Rohman (Kholifah), ia menilai kurang berimbang disinyalir akibat setting waktu yang kurang tepat. "Hemat kami jika bicara debat berdasar alokasi waktu tidak lazim dan terlihat jelas tidak imbang," pungkasnya.

Dalam kegiatan debat perdana untuk pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, kedua pasangan calon mempresentasikan visi misi dan program unggulan masing-masing. Khususnya dalam aspek ekonomi dan pembangunan yang notanene tema yang diusung KPU Pamekasan. [pin/suf]

Komentar

?>