Senin, 15 Oktober 2018

DPRD Jember: Birokrat Gagap Implementasikan Visi dan Misi Bupati Faida

Selasa, 24 April 2018 21:50:38 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
DPRD Jember: Birokrat Gagap Implementasikan Visi dan Misi Bupati Faida

Jember (beritajatim.com)--Jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, dinilai parlemen masih belum bisa mengimplementasikan visi dan misi Bupati Faida.

Penilaian ini tertuang dalam rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati 2017.

"OPD gagap dalam hal mengimplementasikan atau mengartikan visi dan misi bupati, yang akhirnya membuat beberapa program tidak tercapai optimal. Contoh: angka kematian bayi dan ibu tertinggi (di Jatim). Maka itu, perlu kerja keras OPD agar tahun depan tidak terjadi lagi. Dinas Kesehatan harus bekerjasama dengan elemen masyarakat yang peduli," kata Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaidi.

Selain bidang kesehatan, DPRD Jember juga mengkritik kinerja di bidang pendidikan.

"Pendidikan tidak bisa berjalan optimal karena pejabatnya masih pelaksana tugas. Oleh sebab itu, bupati hendaknya segera menetapkan (pejabat definitif). Sebenarnya banyak program yang baik yang tidak bisa diimplementasikan secara baik," kata Ayub.

Dalam masalah infrastruktur, DPRD Jember sudah menganggarkan pembangunan trotoar tahun lalu. "Ternyata tidak selesai, dan bahkan sampai ada pemutusan kontrak. Ini bagaimana? Kami sudah menggelontorkan anggaran besar, tapi tidak termanfaatkan baik," kata Ayub.

DPRD Jember sudah menyampaikan rekomendasi. "Tapi jadi hak bupati apakah mau dilaksanakan atau tidak. Apabila tidak dilaksanakan ya tidak ada konsekuensi hukum. Tinggal masyarakat yang menilai bagaimana kepemimpinan bupati selama lima tahun. Yang memberi reward and punishment saat ini rakyat," kata Ayub. [wir/air]

Komentar

?>