Jum'at, 17 Agustus 2018

Kader PDIP Diduga Jadi Anggota PPK

Selasa, 24 April 2018 11:00:57 WIB
Reporter : Zamachsari
Kader PDIP Diduga Jadi Anggota PPK

Sampang (beritajatim.com) - Syaiful Anam yang saat ini menjabat sebagai Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, diketahui pernah menjadi Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Bangkalan pada tahun 2014 lalu. Bahkan, kabar tersebut telah viral di media sosial.

Insiyatunm Komisioner Panwaslu Kabupaten Sampang, Divisi SDM dan Organisasi mengatakan, viralnya kabar tentang ketua PPK Kecamatan Jrengik pernah menjadi Caleg dari PDIP, akan diklarifikasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. "Kami akan meminta data valid tentang daftar calon tetap sebagai caleg DPRD Bangkalan kepada KPU Bangkalan," terangnya, Selasa (24/4/2018).

Menurut Insiyatun, berdasarkan UU nomor 7 tahun 2017, salah satu syarat untuk menjadi PPK adalah dengan tidak menjadi anggota partai politik. Hal itu harus dibuktikan dengan surat keterangan yang sah dari partai politik yang bersangkutan.

"Paling singkat dalam jangka 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik. Intinya sekecil apapun indikasi pelanggaran tersebut kami akan segera menindaklanjuti. Saya juga baru tau kalau yang bersangkutan ternyata anggota partai di Bangkalan," pungkasnya.

Sekedar diketahui, berdasarkan data penetapan dan pengangkatan PPK Se-Kabupaten Sampang, nomor 149/PP. 05.3-pu/3527/KPU-Kab/III/2018, tiga nama PPK di Kecamatan Jrengik, yakni Imron Rosadi, Andi Nur Cahya, Syaiful Anam.[sar/kun]

Komentar

?>