Sabtu, 20 Oktober 2018

Buntut Pilkades, Warga Klantingsari Hadiri Hearing di DPRD

Selasa, 24 April 2018 01:12:22 WIB
Reporter : M. Ismail
Buntut Pilkades, Warga Klantingsari Hadiri Hearing di DPRD

Sidoarjo (beritajatim.com) - Persoalan di Pilkades Desa Klantingsari, Kecamatan Tarik, belum juga terselesaikan. Oleh sebab itu, Senin (23/4/2018) puluhan warga Desa Klantingsari menghadiri hearing dengan Komisi A DPRD Sidoarjo.

Pembahasan persoalan yang terjadi saat pilkades dan tanya jawab di ruang paripurna tidak menemukan hasil yang memuaskan. Warga menilai, banyak kerancuan proses pilkades tidak dibahas dalam hearing tersebut.

"Ada beberapa kerancuan atau kecurangan yang tidak di bahas dalam hearing ini," kata Dimas Yemahura Kuasa Hukum Calon nomor dua Suherno Widyanto.

Dia menambahkan, pelaksanaan pilkades di Desa Klantingsari masih bermasalah. Diantaranya panitia hingga penetapan calon belum menyerahkan salinan berita acara kepada saksi nomor dua.

"Kami heran, dalam penetapan tidak ada berita acara, dokumen juga tidak ada dari panitia, saksi kami hingga sekarang belum menerima," tukasnya di depan peserta hearing.

Selain itu, sambung Dimas, pelanggaran lain pada pelaksanaan pilkades lewat e-voting masih disinyalir banyak penyimpangan. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) melebihi dari suara pemilih.
"Ada kelebihan 36 suara, semestinya dihitung ulang, tapi masih tetap dilanjutkan sama panitia," ungkapnya.

Sementara itu Ali Imron Ketua Panitia Pilkades Serentak di Sidoarjo menyerahkan permasalahan semua ini pada Biro Hukum Pemkab Sidoarjo. Sebab untuk berita acara sudah disiapkan.

"Biar biro hukum yang menyampaikan, karena dia yang paham terkait berita acara," jawab singkat pria yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (PMD P3A KB) Kabupaten Sidoarjo itu.

Semetara Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo H. Taufiqulbar mengatakan, pihaknya hanya bisa memediasi antara warga yang merasa dicurangi. Sedangkan untuk merekomandasikan untuk pelantikan ditunda, bukan wewenangnya.

"Untuk pelantikan semua apa kata Bupati Sidoarjo. Kami tidak punya hak, kami sebagai mediasi antara yang warga yang kecewa pada panitia," tutupnya.

Seperti diketahui, dalam Pilkades Klantingsari, tercatat DPT ada 3.121. Yang menggunakan hak pilih ada 2.724 orang, dan tidak hadir 397 orang. Dari rekapitulasi atau perhitungan, calon nomor 1 Wawan Setyo Utomo mendapatkan 1.482 suara.

Sedangkan untuk calon nomor 2 Suherno Widiyanto mendapat 1.274 suara, atau selisihnya 208. Pilkades dimenangkan calon nomor satu. Para calon kades yang terpilih, bakal oleh Bupati Sidoarjo secara bersamaan di Pendopo Delta Wibawa 9 Mei 2018 mendatang. [isa/suf]

Tag : pilkades

Komentar

?>