Sabtu, 20 Oktober 2018

Jombang dan Gresik 'Copy Paste' Banyuwangi

Sabtu, 21 April 2018 00:13:41 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Jombang dan Gresik 'Copy Paste' Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Banyuwangi tak pernah pelit membagi ilmunya. Berbagai daerah yang datang untuk melakukan studi tiru berbagai programnya, selalu disambut baik. Salah satunya, saat Pjs. Bupati Jombang Setiajit berkunjung untuk melakukan studi tiru diterima langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Kami ingin studi tiru berbagai inovasi Banyuwangi, utamanya e-planning dan e-budgetting pengelolaan anggaran. Selain itu, kami juga ingin memperluas wawasan tentang pengembangan pariwisata dan perizinan terpadu satu pintu dari Banyuwangi," ujar Pjs Bupati Jombang Setiajit, Jumat (20/4/2018).

Setiajit mengaku, sebenarnya Kabupaten Jombang juga sudah menerapkan e-planning dan e-budgetting. Namun, menurut dia, program milik Banyuwangi dinilai jauh lebih bagus.

"Kami ingin langsung copy paste yang jelas sudah bagus saja. Makanya kami sengaja datang membawa tim khusus untuk belajar langsung di sini," imbuhnya.

Setiajit datang membawa belasan jajarannya, di antaranya Sekretaris Daerah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP), Dinas Pariwisata, dan Inspektorat. Mereka ingin belajar langsung tentang pengelolaan keuangan dari Banyuwangi.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pun menyambut baik kedatangan mereka. "Mumpung di sini, silakan Bapak belajar apa yang baik dari Banyuwangi. Namun demikian, bukan berarti kami ini sudah sempurna dalam segala hal. Jombang jangan sungkan membagi ilmunya," kata Anas.

Anas menjelaskan, dalam pengelolaan keuangan Banyuwangi telah mengintegrasikan mulai perencanaan, tata kelola, hingga evaluasi keuangan daerah dalam Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (simral).

"Alhamdulillah, dua hari lalu kami baru menerima penghargaan dari Gubernur Jatim sebagai kabupaten dengan perencanaan pembangunan terbaik se-Jatim. Dalam sistem ini, kami telah mengsinkronkan dokumen perencanaan sejak RPJMD hingga pelaksanaan anggaran bahkan hingga pertanggungjawabannya. Semua program mulai sejak pengajuan perencanaan bisa terpantau," jelas Anas.   

Dan tidak hanya pada level kabupaten, tapi di pemerintahan desa kami juga membuat sistem e-village budgeting dan e-monitoring system. "Kami terus meningkatkan kapasitas SDM di tingkat desa, karena desa bagi kami telah menjadi gerbang pembangunan," pungkas Anas.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto juga hadir di Banyuwangi untuk melakukan studi tiru tentang pengembangan pariwisata, pelayanan publik dan infrastruktur. [rin/suf]

Komentar

?>