Rabu, 17 Oktober 2018

Surabaya Bebas Sampah

Risma: Dulu Banyak yang Nggak Kerasan di Surabaya

Jum'at, 20 April 2018 15:39:09 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Risma: Dulu Banyak yang Nggak Kerasan di Surabaya
Tri Rismaharini Walikota Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada hari ini meluncurkan program "2018 Merdeka dari Sampah". 

Menurut Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini, apabila Kota Pahlawan menjadi bersih maka secara otomatis akan berdampak kepada banyak aspek kehidupan.

"Dari sisi kesehatan saja, kalau sudah merdeka dari sampah ini bisa juga terbebas dari penyakit. Nggak ada istilahnya penyakit musiman. Ini demam berdarah mulai marak. Ayo lebih dijaga lagi," kata Risma pada peluncuran program itu di Graha Sawunggaling, Jumat (20/4/2018).

Wanita yang dikenal dengan julukan Ibu'e arek-arek Suroboyo ini juga menegaskan bahwa kebersihan kota juga dapat berdampak pada faktor perekonomian bagi segenap masyarakat.

"Karena kalau kota kita kotor, siapa yang mau datang ke Surabaya? Surabaya ini nggak punya apa-apa. Kita juga nggak punya tambang emas," ujarnya.

"Tapi kita punya masyarakat yang hebat. Masyarakat yang mau berubah. Mereka mau bahu membahi mengubah wajah Kota Surabaya. Dulu banyak yang nggak kerasan di Surabaya. Katanya panas, banyak nyamuk. Tapi sekarang sudah nggak lagi," lanjut Risma.

Lebih lanjut, wanita yang pernah menjabat sebagai Kepala Bappeko Surabaya ini mengatakan bahwa langkah kongkrit untuk bisa merdeka dari sampah adalah dengan diawali oleh para pedagang.

"Ayo para fasilitator dan kader lingkungan, lalu Camat dan Lurah, ini tolong saya dibantu. Pedagang-pedagang yang ada di areanya diminta untuk tidak lagi menggunakan plastik. Kita mulai dari yang ada di sekolah-sekolah, kemudian ke para PKL," jelas Risma.

"Kalau kita tidak bersih, orang tidak akan mau datang. Perekonomian pun bisa susah kalau begitu. Bagaimana anak cucu kita ke depan?" pungkasnyaRisma: Dulu Banyak yang Nggak Kerasan di Surabaya. [ifw/ted]

Komentar

?>