Minggu, 19 Agustus 2018

Perihal Penanganan Masalah Urban

Negara Eropa Akui Belajar pada Surabaya

Kamis, 19 April 2018 15:55:31 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Negara Eropa Akui Belajar pada Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Keberhasilan Kota Surabaya dalam mengatasi isu-isu global ternyata menarik perhatian bagi kancah internasional. Termasuk di antaranya adalah negara-negara Nordic seperti Finlandia, Norwegia, Denmark, dan Swedia.

Untuk itu, hari Jumat (20/4/2018), negara-negara ini akan melakukan Nordic Roadshow. Acara akan diisi dengan berbagai diskusi dan mencari solusi atas beberapa isu global.

"Bersama Kota Surabaya, kami ingin berdiskusi soal isu-isu seperti tata kelola perkotaan di tengah masalah urban. Lalu juga isu pengelolaan transportasi, pendidikan dan juga lingkungan," kata First Secretary Kedutaan Besar Norwegia untuk Indonesia, Simen Johan Willgohs pada hari Kamis (19/4/2018).

“Kami ingin berbagi solusi Nordic yang inovatif untuk mendorong mobilitas yang berkelanjutan dan hemat biaya serta dapat mendukung perbaikan nyata dalam kehidupan masyarakat kota-kota di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Di sisi lain, Simen juga mengatakan bahwa diskusi bersama ini akan menjadi ajang bagi kedua belah negara untuk saling belajar satu sama lain. "Karena dari kami pun ingin belajar dari Surabaya tentang bagaimana mengatasi masalah urban dengan begitu cepat. Padahal, kami butuh waktu bertahun-tahun untuk itu," katanya.

Terkait isu lingkungan, Ia mengatakan bahwa roadshow yang dilakukan adalah perwujudan dari dukungan negara-negara Nordic yang kuat pada isu-isu keberlanjutan, termasuk lingkungan, iklim, dan energi bersih. "Negara-negara Nordik siap mendukung Indonesia," tegas Simen.

Pemilihan Kota Surabaya, di sisi lain menurutnya adalah karena keberhasilan pemerintahan jajaran Wali Kota Tri Rismaharini dalam membangun Kota Pahlawan. "Selain itu, kami juga melihat bahwa ada potensi besar juga yang dimiliki oleh Kota Surabaya untuk bisa menjadi lebih berkembang ke depannya," pungkasnya.

Sebagai informasi, Nordic Roadshow ini diadakan bersama oleh Finlandia, Denmarkd, Norwegia, dan Swedia untuk yang pertama di Indonesia. Roadshow itu akan diadakan di beberapa kota seperti Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta mulai Jumat (20/4/2018) hingga Kamis (26/4/2018). [ifw/but]

Komentar

?>