Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Pilkada Pamekasan, Debat Kandidat Tema Ekonomi dan Pembangunan

Senin, 16 April 2018 17:46:54 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Pilkada Pamekasan, Debat Kandidat Tema Ekonomi dan Pembangunan

Pamekasan (beritajatim.com) - Debat pasangan kandidat calon bupati dan wakil bupati Pamekasan yang digagas KPU Pamekasan bakal mengangkat tema ekonomi dan pembangunan yang dijadwalkan digelar di Hotel Odaita Jl Raya Sumenep 88, Selasa (24/4/2018) mendatang. 

Debat kandidat pertama tersebut, dijadwalkan digelar sekitar tiga jam. Terhitung mulai pukul 19:00 WIB hingga pukul 22:00 WIB. "Selain penyampaian visi dan misi, masing-masing paslon nantinya harus memaparkan program seputar ekonomi dan pembangunan," kata Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah, Senin (16/4/2018). 

Penyampaikan gagasan yang dituangkan dalam bentuk visi misi dan program unggulan tersebut nantinya akan dilaksanakan selama tiga kali menjelang proses pemilihan yang dijadwalkan digelar serentak Rabu (27/6/2018) mendatang. "Debat pertama digelar tanggal 24 April 2018 dan akan disiarkan secara langsung di salah satu televisi swasta," ungkapnya. 

"Untuk debat kedua akan dilaksanakan tanggal 7 Mei 2018, sedangkan debat kandidat terakhir akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2018 atau lima hari sebelum proses pemilihan digelar," sambung pria yang akrab disapa Hamzah. 

Pihaknya menyampaikan program debat dilakukan sebagai salah satu upaya mensosialisasikan berbagai program yang diusung para kandidat, tentunya saat satu di antara mereka terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Pamekasan periode 2018-2023.

"Tema debat yang akan diangkat seputar ekonomi dan pembangunan, masing-masing paslon nantinya bakal mempresentasikan berbagai program, khususnya sektor ekonomi dan pembangunan. Minimalnya mereka memaparkan apa yang akan dilaksanakan saat terpilih, semisal memajukan perekonomian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga menekan angka kemiskinan," jelasnya. 

Tidak hanya itu, pihaknya menilai pelaksanaan debat kandidat juga diharapkan bisa menjadi sarana sosialisasi terhadap momentum pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. "Dengan program debat ini tentu masyarakat tahu, sehingga bisa menekan angka golput dalam pelaksanaan pilkada mendatang," pungkasnya. 

Pada pelaksanaan pilkada serentak 2018, tercatat sebanyak dua pasangan calon yang akan bersaing untuk terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Pamekasan. Masing-masing paslon Badrut Tamam dan Raja'e (Berbaur) serta paslon KH Kholilurrahman dan Fathor Rohman (Kholifah). 

Kedua paslon tersebut didukung delapan partai politik (parpol) berbeda, empat parpol pendukung paslon Berbaur meliputi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Sementara paslon Kholifah didukung empat parpol lainnya, meliputi Partai Demokrat (PD), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Termasuk satu parpol lain yang tidak memiliki kursi di legislatif, yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). [pin/ted] 

Komentar

?>