Selasa, 17 Juli 2018

DPRD Minta Rute Suroboyo Bus Ditambah

Rabu, 11 April 2018 16:23:39 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
DPRD Minta Rute Suroboyo Bus Ditambah
Anggota Komisi B Achmad Zakaria

Surabaya (beritajatim) - Hampir sepekan Suroboyo Bus diujicoba oleh Pemkot Surabaya. Moda transportasi umum terbaru hasil inovasi pemerintahan Wali Kota Tri Rismaharini tersebut menarik perhatian banyak pihak.

Dari DPRD Kota Surabaya misalnya. Anggota Komisi B Achmad Zakaria menilai bahwa Suroboyo Bus akan jauh lebih bermanfaat apabila ada penambahan rute dari yang sudah disediakan sekarang.

"Rute barat dan timur ini perlu dilirik. Dua area tersebut tidak punya angkutan umum memadai. Sehingga masyarakat beralih ke kendaraan pribadi yang mana bisa berujung macet," kata Zakaria.

Di sisi lain, dengan melihat kondisi bahwa Suroboyo Bus masih menggunakan plat merah, politisi PKS tersebut juga meminta agar Pemkot Surabaya segera membuat payung hukum bagi armada tersebut.

"Plat merah tidak boleh digunakan untuk menjadi moda transportasi umum. Harus ada payung hukumnya," tegas Zakaria.

"Dishub, Dispenda, dan Bagian Hukum harus mengajukan draft plus Perwali Pembentukan UPTD atau BUMD untuk bus itu. Perda harus ada secepatnya paling tidak setengah tahun beres," pungkasnya.

Sebagai informasi, Suroboyo Bus adalah moda transportasi umum terbaru yang digagas oleh Pemkot Surabaya. Rute yang dilalui oleh moda tersebut adalah dari Terminal Purabaya sampai ke Halte Rajawali.

Bus tersebut diklaim aman dan nyaman karena dilengkapi CCTV. Tempat duduk bagi pria dan wanita pun juga diletakkan dalam sisi yang terpisah. Selama masa uji coba, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerapkan regulasi pembayaran dengan menggunakan sampah plastik untuk para penumpang.[ifw/ted]

Komentar

?>