Senin, 23 Juli 2018

Dipanggil Panwaslu, Ini Reaksi Wabup Jember

Rabu, 14 Maret 2018 22:59:46 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Dipanggil Panwaslu, Ini Reaksi Wabup Jember

Jember (beritajatim.com) - Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief menanggapi tenang panggilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) terkait kehadirannya dalam acara ziarah kubur Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno, Senin (12/3/2018) kemarin.

Panwaslu memanggil Muqit agar hadir ke kantor lembaga tersebut, Rabu (14/3/2018), untuk dimintai keterangan. Pasalnya dalam acara ziarah ke makam salah satu tokoh Nahdlatul Ulama KH Muhammad Shiddiq tersebut, Senin (12/3/2018), ia mengenakan pakaian dinas. Ketua Panwaslu Jember Abdullah Waid mengatakan, bupati dan wakil bupati harus izin cuti untuk mengikuti kegiatan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

"Sudah diklarifikasi, bahwa secara kebetulan kami bareng berziarah, dan saya tidak ada komunikasi. Ketika saya sampai sana, Bu Puti masuk ke makam, saya belum masuk. Saya masuk melalui pintu lain, kemudian saya diminta memimpin tahlil, tawasul, doa, berempat," kata Muqit.

Prosesi doa hanya berlangsung kurang lebih sepuluh menit. "Lalu Bu Puti keluar melalui pintu barat, aku keluar dari pintu timur. Aku langsung ke mobil. Tidak ada statement. Murni ziarah, murni tahlil," kata Muqit.

Hari ini Muqit belum bisa menghadiri panggilan klarifikasi dari Panwaslu Jember. "Saya wakilkan ke Bagian Hukum, Bakesbang, dan Asisten. Tapi kalau dirasa perlu ketemu, ya ketemu besoklah dengan Panwaslu. Tapi saya rasa sudah clear," katanya.

"Jadi di situ yang jelas tidak ada kampanye, wong di kuburan. Yang ada ya tahlil itu," tambah Muqit. [wir/suf]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>