Sabtu, 22 September 2018

Ini Gambaran Efektivitas Dukungan Partai Versi PolMark

Rabu, 14 Maret 2018 18:21:49 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Ini Gambaran Efektivitas Dukungan Partai Versi PolMark

Surabaya (beritajatim.com) - PolMark Research Center (PRC) melakukan survei terhadap 1200 responden mulai 6-11 Februari 2018 untuk mengetahui preferensi pemilih dalam pilgub Jatim. 

Survei menggunakan teknik multistage random sampling. Margin error sebesar plus minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Direktur Riset PRC, Eko Bambang Subiantoro kepada wartawan di Hotel Mercure Surabaya, Rabu (14/3/2018) mengatakan, hasil elektabilitas tertutup menunjukkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno unggul dengan 42,7 persen. 

Dan, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak sebesar 27,2 persen. Sedangkan, undecided voter (belum menentukan pilihan) masih sebesar 30,1 persen. Bagaimana dengan suara partai-partai pendukung kedua pasangan calon? 

Gus Ipul-Puti didukung PDIP, PKB, Gerindra dan PKS. Sedangkan, Khofifah-Emil didukung Demokrat, Golkar, PAN, PPP, NasDem dan Hanura.

"Figur paslon dan mesin partai sama-sama bekerja. Meskipun, mesin partai tidak terlalu bekerja maksimal di pilkada, dibandingkan pileg dan pilpres," kata Eko Bambang Subiantoro. Polmark mencatat pemilih partai pendukung pasangan calon untuk pilgub Jatim. 

Mesin PDIP tercatat solid dengan sebanyak 72,1 persen memilih Gus Ipul-Puti dan 11 persen memilih Khofifah-Emil. Sisanya menjawab rahasia dan tidak tahu. 

Sedangkan, PKB tercatat 45 persen pemilihnya memilih Gus Ipul-Puti dan 34,7 persen memilih Khofifah-Emil. 

Pemilih Gerindra ada 52,6 persen mendukung Gus Ipul-Puti dan 18,4 persen ke Khofifah-Emil. Untuk pemilih PKS diketahui fifty-fifty, 50 persen ke Gus Ipul-Puti dan 50 persen dukung Khofifah-Emil.

Bagaimana dengan partai pendukung Khofifah? Yang menarik adalah pemilih Golkar dan NasDem justru cenderung 'melawan' kebijakan elitnya dengan mendukung Gus Ipul-Puti. 

Pemilih NasDem ada 46,7 persen memilih Gus Ipul-Puti dan hanya 26,7 persen memilih Khofifah-Emil. Pemilih Demokrat 40 persen 'lari' ke Gus Ipul-Puti dan 44 persen memilih Khofifah-Emil. 

Pemilih PAN sebesar 13,3 persen ke Gus Ipul-Puti dan 40 persen solid ke Khofifah-Emil. Sedangkan, pemilih Golkar sebanyak 47,5 persen lebih mendukung Gus Ipul-Puti dan 35 persen memilih Khofifah-Emil. Untuk pemilih PPP ada 29,6 persen ke Gus Ipul-Puti dan 66,7 persen ke Khofifah-Emil. 

"Sedangkan untuk pemilih Partai Hanura sebanyak 100 persen menjawab tidak tahu dan masih rahasia saat disurvei," pungkasnya. (tok/ted)

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>