Jum'at, 25 Mei 2018

2.000 KPM Kota Mojokerto Terima BPNT APBD

Rabu, 14 Maret 2018 12:35:06 WIB
Reporter : Misti P.
2.000 KPM Kota Mojokerto Terima BPNT APBD

Mojokerto (beritajatim.com) - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mojokerto mencairkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) bagi 2.000 Keluarga penerima manfaat (KPM) di e-Warong Melati Lingkungan Juritan Prajuritkulon, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, Rabu (14/3/2018).

Kepala Dinsos Kota Mojokerto, Sri Mudjiwati mengatakan, penerima BPNT dari APBD Kota Mojokerto tahun 2018 sebanyak 2.000 KPM. "Tahun lalu, 1.500 KPM, mudah-mudahan dengan 2 ribu dan 4.685 dari APBN sudah hampir semua orang miskin sampai rentan miskin mendapatkan BPNT," ungkapnya.

Para PKM akan menerima jatah BPNT untuk bulan Januari-Februari. BPNT, lanjut Mudjiwati, berupa uang tapi tidak bisa dicairkan jika tidak di belanjakan di e-Warung yang sudah ditunjuk. Di Kota Mojokerto ada 10 e-Warung, sementara penerima sudah memenuhi 40 kreteria sebagai KPM.

"Masih ada 594 KPM yang didanai APBN yang kartunya belum keluar, diharapkan bisa keluar bulan ini agar bisa digunakan oleh KPM. Jika ada yang belum menerima tapi kategori miskin, mungkin masuk 594 KPM tersebut. Sehingga diharapkan mereka bertanya karena kita ada data," katanya.

Mudjiwati menambahkan, warga Kota Mojokerto yang merasa miskin tapi tidak menerima bisa bertanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Namun menurutnya, untuk jumlah PKM tahun depan belum tentu sama dengan tahun ini karena faktor PKM meninggal atau sudah tidak miskin.

Sementara itu, Kepala Cabang BNI Mojokerto, Yacub Azwir berharap, dalam waktu dekat kartu selesai. "Penyaluran bansos salah satunya, BPNT diinisiatif pemerintah dengan APBN. Saya salud dengan Kota Mojokerto menggunakan APBD untuk menyalurkan BPNT diluar kuota APBN," jelasnya.

Pihaknya, harapan jumlah KPM di Kota Mojokerto terus berkurang sehingga beban APBD Kota Mojokerto untuk penyaluran BPNT berkurang sehingga bisa digunakan untuk pembangunan yang lain. Pihaknya mengaku sangat apresiasi karena tidak semua daerah menyalurkan BPNT melalui APBD-nya.

Total penerima BPNT di Kota Mojokerto sebanyak 6.685 KPM yang bersumber dari APBN dan APBD. Kuota dari APBN sebanyak 4.685 KPM, sedangkan dari APBD yang  semula 1.165 KPM tahun ini ditambah 835 KPM sehingga menjadi 2.000 KPM.[tin/kun]

Komentar

?>