Rabu, 18 Juli 2018

Permudah Penyaluran Bansos

Bupati Sumenep Minta Kemensos Libatkan Lembaga Keuangan Berjaringan

Minggu, 04 Maret 2018 13:16:01 WIB
Reporter : Temmy P.
Bupati Sumenep Minta Kemensos Libatkan Lembaga Keuangan Berjaringan

Sumenep (beritajatim.com) - Penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Sumenep untuk tahun 2017 belum tuntas dilakukan, terutama untuk Pulau/ Kecamatan Masalembu.

"Untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di Masalembu sebanyak 613 penerima, bansos PKH belum bisa tersalurkan karena faktor cuaca ekstrem sehingga tidak ada kapal yang bisa berlayar. Kemudian keterbarasan sarana dan prasana," kata Bupati Sumenep , A. Busyro Karim.

Bupati Sumenep 'curhat' kepada Menteri Sosial RI, Idrus Marham, saat berada di Sumenep pada Minggu (04/08/2018). Mensos menghadiri langsung penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sosial pangan Rastra di Pendopo Agung setempat.

"Faktor cuaca memang kerap menjadi kendala tersendiri bagi kami, mengingat secara geografis, Sumenep mempunyai 126 pulau, dengan 27 kecamatan. 9 kecamatan diantaranya ini merupakan kecamatan kepulauan, pak Menteri," ujarnya.

Karena itu, lanjut Busyro, pemerintah daerah mengusulkan agar ada penambahan lembaga keuangan yang dilibatkan untuk penyaluran bansos. Lembaga keuangan tersebut adalah lembaga keuangan yang punya jaringan atau kantor cabang hingga ke wilayah kepulauan Sumenep.

"Kalau lembaga keuangan yang punya kantor cabang hingga ke wilayah kepulauan ini dilibatkan, maka akan mempermudah penyaluran. Misalnya saja BPRS Bhakti Sumekar Sumenep yang punya cabang di tiap kecamatan. Atau mungkin bisa lewat kantor pos, atau lembaga keuangan lain yang berjaringan lebih luas," paparnya.

Sementara Menteri Sosial Idrus Marham mengaku mengapresiasi apa yang disampaikan Bupati Sumenep. Menurutnya, yang lebih memahami kondisi di daerah adalah pemerintah daerahnya.

"Pak bupati ini tadi bagus. Tidak hanya memaparkan kendalanya, tapi juga memberikan solusinya. Kami siap mengikuti apa yang disampaikan tadi. Yang paling penting adalah bagaimana bantuan bisa segera sampai ke tangan rakyat dan dimanfaatkan sesuai peruntukannya," ujar Mensos.

Berdasarkan Data di Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, untuk Kabupaten Sumenep bansos yang disalurkan sebesar Rp 297.955.690.000. Dengan rincian, PKH sebesar Rp 128.924.720.000, Rastra Rp 168.981.120.000, bantuan paket sembako Rp 47.600.000, dan bonus bagi anak berprestasi sebesar Rp 2.250.000. (tem/ted)

Tag : mensos

Komentar

?>