Senin, 24 September 2018
Dibutuhakn Wartawan Kriminal untuk ditempatkan di Surabaya Kirim Lamaran ke beritajatim@gmail.com

Mensos RI: Kalau Urusan Rakyat, Tidak Ada Hari Libur

Minggu, 04 Maret 2018 11:17:17 WIB
Reporter : Temmy P.
Mensos RI: Kalau Urusan Rakyat, Tidak Ada Hari Libur

Sumenep (beritajatim.com) -Menteri Sosial (Mensos) RI, Idrus Marham turun langsung ke Jawa Timur untuk mengetahui apakah bantuan sosial sudah diterima oleh rakyat atau belum.

"Pak Presiden memberikan pesan, kalau untuk urusan rakyat, maka seluruh pejabat tidak ada alasan hari libur. Pejabat harus melayani kepentingan rakyat dalam kondisi apapun," kata Mensos.

Idrus Marham berada di Sumenep pada Minggu (04/08/2018), untuk menghadiri penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sosial pangan Rastra di Pendopo Agung setempat.

Kunjungan ke Sumenep tersebut merupakan rangkaian kunjungan Mensos ke Sidoarjo, Bangkalan, dilanjutkan ke Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. "Kalau ada urusan rakyat, ini menjadi tanggung jawab bersama pejabat. Jangan biarkan bupati sendirian. Aparat terkait harus turun secara gotong royong," tandasnya.

Idrus juga menegaskan, Presiden telah meminta agar program prioritas nasional khususnya yang berada di bawah tugas dan tanggung jawab kementerian sosial dikawal dengan serius.

Ada lima tugas yang diberikan Presiden kepada Mensos. Diantaranya, memastikan bansos bagi semua rakyat yang berhak menerima, telah sampai di tangan rakyat. Kemudian  memastikan besaran bansos yang diterima rakyat, sesuai dengan yang telah ditetapkan.

"Misalnya bansos PKH besarnya Rp 1.890.000 per keluarga penerima manfaat (KPM). Maka harus dipastikan bahwa yang diterima besarnya juga seperti itu. Dicairkan dalam 4 tahap per tahun. Triwulan pertama hingga ketiga masing-masing Rp 500.000 dan triwulan keempat Rp 390.000," ujarnya.

Demikian juga dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Beras Sejahtera (rastra), setiap penerima manfaat memperoleh 10 kg setiap bulan. "Jadi dalam setahun, penerima manfaat harus menerima rastra 120 kg, tanpa potongan dan diberikan gratis," terangnya.

Menurut Idrus, Presiden juga 'mewanti-wanti' agar dilakukan cek dan ricek di lapangan, agar uang bansos digunakan sesuai ketentuan. Untuk dana PKH, harus dibelanjakan kebutuhan pendidikan bagi anak, misalnya seragam, buku, tas, dan sepatu. Selain itu juga untuk membeli makanan bergizi. "Kalau di lapangan ditemukan uang bansos digunakan tidak sesuai ketentuan, maka bansosnya akan dicabut," ucapnya.

Ia juga ingin memastikan seluruh anak KPM yang berprestasi mendapatkan bantuan beasiswa dan bantuan sosial lainnya. Anak-anak berprestasi harus mendapatkan hadiah.

"Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus sehat dan cerdas agar kelak mampu melahirkan inovasi dan karya-karya yang bermanfaat bagi negeri," tutur Mensos (tem/ted)

Tag : mensos

Komentar

?>