Selasa, 19 Juni 2018

Ini Program Seribu Dewi Milik Gus Ipul

Minggu, 25 Februari 2018 22:35:10 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Ini Program Seribu Dewi Milik Gus Ipul

Banyuwangi (beritajatim.com) - Syaifullah Yusuf calon Gubernur Jawa Timur memiliki sejumlah program untuk warga. Kali ini, Gus Ipul memberikan program khusus yang diperuntukan bagi warga di seluruh pelosok desa.

Namanya, program 'Seribu Dewi' atau pengembangan seribu desa wisata. Rencananya, gagasan itu bakal terlaksana bersama Cawagub Puti Guntur Soekarno. 

“Titik tekan programnya adalah warga, pariwisata berbasis warga. Ibu-ibu, anak muda, warga diberdayakan. Kita sasar seribu kelompok sadar wisata (pokdarwis), diberi modal, dibantu bikin homestay, dibantu toiletnya agar berstandar, dibantu sistem dan sebagainya,” jelas Gus Ipul saat di lokasi wisata Bangsring Under Water, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Minggu (25/2/2018).

Dari program itu, Gus Ipul menargetkan ada 200.000 lapangan kerja untuk warga desa.“Ibu-ibu jual makanan, anak muda jadi tour guide, seperti di Bangsring Underwater ini penghasilan warga pengelola wisata relatif besar, melengkapi pendapatan sebagai nelayan. Warga tambah sejahtera,” ujarnya.

Sehingga, kata Gus Ipul, warga dapat memperoleh penghasilan tambahan dari homestay ataupun makanan. Terlebih juga dari hasil menjadi pemandu ke Gunung Ijen yang saat akhir pekan dikunjungi 2.000 wisatawan dalam dan luar negeri.

“Program Seribu Dewi memperkuat komunitas-komunitas desa wisata. Target seribu desa wisata unggulan itu juga dikolaborasikan khusus dengan marketplace pariwisata seperti AirBnB, CouchSurfing, TripAdvisor, termasuk startup nasional untuk membantu desa-desa wisata,” pungkas Gus Ipul.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendukung penuh program desa wisata ala Gus Ipul. Menurutnya, hal itu dapat memperkuat ekonomi desa.

"Mendatangkan wisatawan sehingga menambah perputaran uang. Otomatis warga desa makin sejahtera,” kata Anas.

Sebelum ke Bangsring Underwater, Gus Ipul mengunjungi sejumlah homestay milik warga di daerah Licin yang tak jauh dari kaki Gunung Ijen. Perlengkapan homestay di wilayah ini difasilitasi Kementerian Pariwisata dan Pemkab Banyuwangi. Bahkan, ada pinjaman renovasi homestay melalui kolaborasi perbankan. (rin/ted)

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>