Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Kunjungi Pabrik Sampoerna, Ini Pesan Khofifah Bagi Industri

Jum'at, 23 Februari 2018 01:21:23 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Kunjungi Pabrik Sampoerna, Ini Pesan Khofifah Bagi Industri

Malang (beritajatim.com) - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan kampanye di beberapa tempat di Kota Malang dan Kota Batu. Salah satunya ke pabrik rokok Sampoerna di kawasan Blimbing, Kota Malang, Kamis (22/2/2018).

Khofifah menyebut Sampoerna merupakan perusahaan padat karya atau perusahaan yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan tenaga mesin. Khofifah menyoroti banyaknya perusahaan yang berbasis padat modal atau industri yang menggunakan teknologi.

"Ini perusahaan padat karya, hari ini banyak sekali perusahaan apapun lebih berorientasi pada padat modal. Pemerintah harus melakukan pemetaan yang sangat detail," kata Khofifah.

Menurut Khofifah, perlu dilakukan pemetaan macam-macam perusahaan sektor apa saja yang difokuskan pada padat modal. Sebab perusahaan padat karya berkontribusi nyata dalam struktur angkatan kerja di masyarakat.

"Pemetaan itu untuk memilah dititik mana padat karya dan padat modal. Karena yang tidak bisa dihindari kita kecenderungannya memang padat modal, tapi kita harus lihat struktur angkatan kerja kita makanya pemetaan itu harus detail," papar Khofifah.

Khofifah mengatakan, Sampoerna Malang memiliki karyawan perempuan sebanyak 3.300 orang. Sebagian besar merupakan tulang punggung keluarga. Untuk itu, pemetaan perusahaan padat karya dan padat modal perlu dilakukan untuk melindungi nasib pekerja.

"Mereka rata-rata tulanggpunggung keluarga. Bisa dibayangkan bahwa, aktifitas keluarga sangat tergantung kepada pemasukan ibu-ibu yang bekerja di Sampoerna. Pemetaan dari berbagai korporasi dan perusahaan, harus efektif mana yang padat modal dan mana yang padat karya," tandasnya. [luc/suf]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>