Selasa, 19 Juni 2018

2 Tahun Pimpin Sidoarjo, Ini Klaim Bupati Saiful llah

Selasa, 20 Februari 2018 00:41:01 WIB
Reporter : M. Ismail
2 Tahun Pimpin Sidoarjo, Ini Klaim Bupati Saiful llah

Sidoarjo (beritajatim.com) - Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dan Wakil Bupati H. Nur Ahmad Saifuddin,  sudah dua tahun memimpin Sidoarjo.

Berbagai realisasi program dan capaian kinerja dua tahun sudah dilakukan. Bupati-waki bupati masa bakti 2016-2021 itu memaparkan capaian yang sudah diraih di hadapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh wartawan Sidoarjo, di Pendopo Delta Wibawa, Senin (19/2/2018).

Ada beberapa bidang pembangunan yang dipaparkan Saiful dengan visi dan misi Kabupaten Sidoarjo yang Inovatif, Sejahtera, Mandiri dan Berkelanjutan itu. Diantaranya bidang pemerintahan, ekonomi, permukiman dan prasarana wilayah, serta bidang pendidikan dan bidang kesehatan.

Bupati memamparkan pelaksanaan pembangunan tahun 2018 sebagian merupakan lanjutan dari program tahun sebelumnya. Pasalnya dalam aspek perencanaan pembangunan menghendaki adanya konsistensi dan keberlanjutan.

Ia juga mengatakan bahwa program-program tahunan dalam RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) dilaksanakan secara terarah dan difokuskan pada pencapaian visi dan misi pembangunan daerah.

Salah satu realisasi program dan capaian kinerja dua tahun kepemimpinan bupati dan wakil bupati Sidoarjo di bidang pemerintahan adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pengembangan tata kelola pemerintah daerah yang efektif dan efisien.

"Pada bidang ekonomi dititikkan pada beberapa fokus program. Diantaranya intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan daerah serta fokus pada pemberdayaan ekonomi lokal dan perluasan kesempatan kerja," kata Saiful.

Pada Bidang Permukiman dan Prasarana Wilayah, sebut dia, difokuskan pada program pembangunan dan pengembangan infrastruktur daerah yang berkualitas, merata dan sinergis dengan potensi ekonomi daerah.

"Penuntasan pembangunan gedung serba guna, peningkatan jalan beton juga dikerjakan. Termasuk juga penuntasan pembangunan sentra PKL Jalan Gajah Mada Sidoarjo yang saat ini masih dalam proses penyelesaian," bebernya.

"Pada bidang Pendidikan dan Kesehatan, salah satu fokus programnya adalah peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan. Pada bidang pendidikan, kebijakan diarahkan pada 3 aspek, yakni mutu, relevansi dan pemerataan," tambahnya.

Pria yang akrap disapa Abah Ipul ini juga mengklaim pada bidang kesehatan, yakni atas tersedianya sarana dan prasarana fisik serta tenaga medis yang profesional. "Kini kita sudah mempunyai rumah sakit yang sudah modern," imbuhnya.

Saiful lantas menyinggung tingginya Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) di 2017. Hal itu menjadi tantangan kedepan untuk dibenahi. Ia berharap serapan anggaran bisa dilaksanakan dengan lancar dan baik oleh masing-masing OPD. Dengan begitu .Silpa di 2017 tidak terulang di 2018.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya minta doa dan restunya pada rekan-rekan pers untuk memahami kelebihan dan kekurangan. Terhadap kekurangan ini akan kami jadikan cambuk penyemangat untuk perbaikan pelaksanaan kelangsungan pembangunan Sidoarjo kedepan, demi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Sidoarjo," tutup Saifu. [isa/suf]

Komentar

?>