Kamis, 16 Agustus 2018

Pilgub Jatim 2018

Nawa Bhakti Satya, Gagasan Khofifah-Emil Jika Terpilih

Kamis, 15 Februari 2018 05:59:25 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Nawa Bhakti Satya, Gagasan Khofifah-Emil Jika Terpilih

Surabaya (beritajatim.com) - Selain meresmikan rumah inspirasi di Jalan Diponegoro Surabaya, Rabu (14/2/2018), pasangan cagub dan cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak juga melaunching program Nawa Bhakti Satya.

Dalam program itu, pengentasan kemiskinan dan memperluas lapangan pekerjaan. Dua bidang itu tampaknya menjadi prioritas. Karena tertuang dalam Nawa Bhakti Satya atau sembilan program kemulyaan untuk masyarakat Jawa Timur.

Juru bicara Khofifah-Emil, KH Zahrul Azhar Asad memaparkan bhakti 1 pasangan ini fokus pada pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan sosial. Dimana Program Keluarga Harapan (PKH) Plus akan difokuskan pada 664 kecamatan, 5674 desa, 2878 kelurahan. Serta untuk disabilitas, lansia terlantar, perempuan kepala keluarga rentan.

"Pemerintahan yang baik, Pemimpin yang baik, adalah yang membelanjakan harta negaranya untuk kesejahteraan, kebahagiaan, kemaslahatan, bagi rakyat yang dipimpinnya," terangnya, Rabu malam (14/2/2018).

Bhakti 2 adalah Jatim Kerja, program ini memperluas lapangan pekerjaan dan membangun keunggulan ekonomi. Satu diantaranya adalah memberikan job training dan pendidikan vokasi, serta belanja inovasi daerah.

"Jadi program stack up bagi pebisnis muda itu termasuk yang disiapkan untuk pekerja, untuk Jatim kerja, yang kita ingin bersambung dengan Jatim akses," tambahnya.

Bhakti 3 adalah Jatim Cerdas dan Sehat, program ini fokus terhadap pendidikan dan kesehatan gratis berkualitas.

"Tistas yaitu selain gratis juga harua berkualitas, karena jika gratis saja tidak ada wujud nyata yang berkualitas maka sama saja tidak ada monitoring dan target yang akan dicapai," tegasnya.

Bhakti 4 adalah Jatim Akses, program membangun infrastruktur dalam kerangka pengembangan wilayah terpadu dan keadilan akses bagi masyarakat pesisir dan desa terluar.

Bhakti 5 adalah Bhakti Berkah, program membangun karakter masyarakat yang berbasis nilai nilai kesalehan sosial, budi pekerti luhur, dan berintegritas. Salah satunya mensejahterakan imam masjid dan beasiswa bagi guru diniyah.

Bhakti 6 adalah Jatim Agro, program yang memajukan sektor pertanian, peternakan, perikanan darat dan laut, kehutanan, perkebunan untuk mewujudkan kesejahteraan petani dan nelayan. "Menguatkan program petik, olah, kemas, jual," terangnya.

Bhakti 7 adalah Jatim Berdaya, program memperkuat ekonomi kerakyatan dengan berbasis UMKM, koperasi dan mendorong pemberdayaan pemerintah desa.

Bhakti 8 adalah Jatim Amanah, program penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, efektif, dan anti korupsi. Salah satunya perluasan dan pelayanan berbasis IT.

Dan Bhakti 9 adalah Jatim Harmoni, program menjaga harmoni sosial dan alam dengan melestarikan kebudayaan dan lingkungan hidup. Salah satunya adalah pariwisata dan dialog antar budaya. [ito/suf]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>