Minggu, 27 Mei 2018

Resmikan Rumah Inspirasi, Khofifah Lepas Sembilan Merpati

Kamis, 15 Februari 2018 03:57:53 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Resmikan Rumah Inspirasi, Khofifah Lepas Sembilan Merpati

Surabaya (beritajatim.com) - Pasangan cagub dan cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak meresmikan Rumah Inpirasi yang digunakan untuk menavigasi program Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jawa Timur di Jalan Diponegoro Surabaya, Rabu (14/2/2018).

Sebagai penanda dibukanya rumah untuk ruang dialog bersama rakyat itu, Khofifah menerbangkan sembilan ekor merpati bersama delapan tokoh lainnya di halaman rumah eks toko buku tersebut.

"Bismillah kami melepaskan merpati karena mereka tak pernah ingkar janji. Ini sebagai simbol harapan warga Jawa Timur terhadap pasangan Khofifah-Emil Elestianto Dardak jika kelak terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jawa Timur 2018 tetap mengingat janji-janji kampanyenya ya," tutur khofifah.

Menurut mantan menteri Sosial RI ini, sembilan ekor merpati, selain menjadi simbol 9 Program Nawa Bhakti Satya, juga perlambang jumlah bintang yang mengelilingi bumi dalam logo Nahdlatul Ulama (NU).

"Semoga ini karena akar perjuangan Khofifah adalah NU dan diharapkan mampu memperjuangkan dan mengentas kemiskinan warga Jawa Timur yang masih tinggi di perdesaan," terangnya.

Setelah itu, Ketum PP Muslimat itu langsung masuk dan melihat ruangan-ruangan yang ada dirumah tersebut. Kemudian, tepat di bagian tengah ruangan yang sudah tersedia makanan semanggi, ia langsung bersimpu dan sigap mengambil kertas minyak serta menyuguhi para tamu dengan makanan khas Surabaya.

"Ayo kita makan semanggi bareng-bareng, sebentar bu (kepada pedagang Semanggi,red) biar saya saja yang ngeladeni para tamu. Ibaratnya ini jika kami telah dilantik menjadi gubernur tetap akan melayani masyarakat," tuturnya.

Setelah melayani, ia juga duduk lesehan dan makan bersama para tami undangannya. Saat makan bersama pun mereka tampak gayeng berkomunikasi.

Kemudian, setelah makan semanggi bersama para tamu yang hadir juga dipersilakan untuk duduk dan menikmati penyanyi yang diundang dalam meramaikan seremonial pembukaan rumah yang juga digunakan untuk posko pemenangan Khofifah-Emil.

Khofifah mengungkapkan, kehadiran rumah aspirasi ini bertujuan menghimpun berbagai persoalan dan ide-ide kreatif- strategis di tengah masyarakat untuk mendorong percepatan penyejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan di Jawa Timur, khususnya Jawa Timur bagian selatan.

Pembangunan partisipatif, mengandung makna pembangunan yang melibatkan peran serta masyarakat. Dimana menempatkan masyarakat sebagai preferensi baik dalam merumuskan, melaksanakan maupun manfaat pembangunan.

Menurut Khofifah, masyarakat Jawa Timur sesungguhnya sangat partisipatif, untuk menangkap ide kreatif dan berbagai pemikiran strategis yang lebih efektif. Oleh karena itu, tim kerja pemenangan Khofifah- Emil menyiapkan rumah aspirasi bagi warga Jatim.

Langkah ini, tambahnya, menjadi cara efektif dalam menjaring pokok-pokok pikiran yang belum terekam. "Warga, bisa memberikan masukan, saran, uneg-uneg lewat rumah aspirasi tersebut, baik secata digital maupun secara langsung datang ke rumah aspirasi warga Jatim," tandasnya. [ito/suf

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>