Rabu, 23 Mei 2018

KPU Tolak TPS Pengungsian Syiah Jemundo

Rabu, 14 Februari 2018 22:29:40 WIB
Reporter : M. Ismail
KPU Tolak TPS Pengungsian Syiah Jemundo

Sidoarjo (beritajatim.com) - Rencana pendirian tempat pemungutan suara (TPS) Pilgub Jatim di area pengungsi Syiah Sampang di rumah susun Puspa Agro Jemundo Taman batal dilakukan.

Kaum Syiah yang mempunyai hak pilih diberikan kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya di Kabupaten Sampang tempat kelahiran asal pengungsi Syiah.

Ketua KPU Kab. Sidoarjo H. M Zainal Abidin mengatakan, rencana pihak KPU Kab. Sidoarjo menyiapkan TPS untuk pengungsi Syiah di lokasi agar bisa menggunakan hak suaranya tidak diperkenankan oleh KPU Pusat. 

KPU RI memerintahkan KPU Kab. Sidoarjo dan KPU Kab. Sampang bekerjasama agar para pengungsi Syiah bisa menggunakan hak pilihnya di tanah kelahiran. "Hasil rapat dengan KPU RI dan KPU Jatim kemarin, memutuskan tidak ada TPS bagi pengungsi Syiah. Ini beda dalam Pilpres maupun Pileg lalu," katanya Rabu (14/2/2018).

Dia menambahkan, sesuai perintah KPU RI, para pengungsi itu akan difasilitasi oleh KPU Kab. Sampang dengan cara di jemput kemudian mereka diantar ke Sampang untuk menggunakan hak politiknya. "Jadi mereka dijemput dan diantar ke Sampang sampai kembali lagi ke tempat pengungsian," jelas Zainal.

Zainal menyebutkan, dari data terakhir pengungsi yang punya hak suara ada 210 orang. Namun, jumlah ini masih perlu dilakukan coklit untuk memastikan verifikasinya. Dari data itu perkiraan akan bertambah mengingat ada yang bertambah umur dan dewasa yang sudah memiliki hak suara.

"Rencananya, Kamis (15/2/2018) besok, KPU Kab. Sampang akan melakukan Coklit ke tempat pengungsian dan akan kami dampingi sampai selesei," tandas Zainal. (isa/ted)

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>