Sabtu, 24 Februari 2018

Sudah Ada Nomor Urut Paslon, Ini Kata Ketua KPU Kota Mojokerto

Selasa, 13 Februari 2018 21:55:01 WIB
Reporter : Misti P.
Sudah Ada Nomor Urut Paslon, Ini Kata Ketua KPU Kota Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) - Pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota sudah memiliki nomor urut dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Mojokerto tahun 2018. Hal tersebut sekaligus sebagai sosialisasi kepada masyarakat jika paslon sudah memiliki nomor urut.

Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin Sholikin mengatakan, masing-masing paslon sudah ditetapkan dan diputuskan bahwa masing-masing sudah ada nomor urutnya. "Jadi mulai kampanye tanggal 15 sudah bisa menggunakan atribut nomor sekaligus nama," ungkapnya, Selasa (13/2/2018).

Masih kata Amin, hal ini sekaligus sosialisasi kepada masyarakat jika paslon masing-masing sudah memiliki nomor urut. Tahapan selanjutnya, tambah Amin yakni masa kampanye yang mulai digelar tanggal 15 Februari sampai 23 Juni 2018 mendatang.

"Akun medsos yang akan digunakan hendaknya diserahkan paling lambat satu hari sebelum masa kampanye tapi untuk desain APK terakhir tanggal 15 Februari. Nomor rekening dana kampanye sudah diserahkan tapi untuk besaran dana kampanye finalnya belum kami SK. Ada sekitar Rp7 miliar sekian," katanya

Amin menjelaskan, jika dana kampanye harus jelas siapa penyumbangnya. Jika perorangan yang menyumbang ada batas maksimal termasuk lembaga swasta, tetapi masing-masing paslon tidak boleh menerima bantuan dari negara asing atau tanpa menyebutkan identitas.

"Seperti hamba Allah atau no name, tidak boleh karena menyangkut pertanggungjawaban jawaban dana kampanye. Jika ada persoalan dan dinyatakan akuntan publik bermasalah, maka ada sanksinya. Sanksinta sampai pencoretan meski paslon itu menang," ingatnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto menggelar rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut paslon Walikota dan Wakil Walikota Mojokerto dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Mojokerto tahun 2018 di salah satu hotel di Kacamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Nomor urut 1 yakni, Akmal Boediyanto dan Rambo Garudo. Nomor urut 2 yakni Andi Soebjakto dan Aderia Suryani. Nomor urut 3 yakni Warsito dan Moeljadi dan nomor urut 4 yakni Ika Puspita Sari-Ahmad Rizal Zakariyah. [tin/but]

Komentar

?>