Kamis, 16 Agustus 2018

Gaji Anggota DPRD Bojonegoro Naik Jadi Rp 37 Juta Sebulan

Sabtu, 10 Februari 2018 19:19:02 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Gaji Anggota DPRD Bojonegoro Naik Jadi Rp 37 Juta Sebulan

Bojonegoro (beritajatim.com) - Gaji anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro naik. Jika sebelumnya anggota DPRD mendapat sekitar Rp 26 juta/bulan. Kini menjadi Rp 37 juta/bulan. Artinya Kenaikan mencapai Rp 11 juta/bulan.

Kenaikan gaji itu sesuai Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD. Dengan PP tersebut, otomatis wakil rakyat akan mendapatkan penghasilan tambahan. 

Wakil Ketua DPRD Bojonegoro, Syukur Priyanto, mengatakan, Kenaikan ini terjadi tidak hanya di Bojonegoro, namun juga di seluruh Indonesia. "Kenaikan pendapatan gaji DPRD ini tentunya harus meningkatkan kinerja seluruh anggota DPRD," ungkap Syukur Priyanto.

Pihaknya menjelaskan gaji DPRD di kabupaten Bojonegoro sejak tahun 2004 hingga 2018 baru ada kenaikan, sehingga naiknya cukup tinggi. Kenaikan gaji tersebut memang diniatkan untuk meningkatkan kinerja wakil rakyat. 

Karena itu, dia menekankan agar anggotanya bisa memperbaiki kedisiplinan dan keaktifan. Khususnya ketika ada sidang paripurna dan agenda-agenda wajib DPRD. Semua anggota diharapkan untuk aktif.

Sementara itu, menurut Koordinatoor Analisis Anggaran FITRA Jatim Muhammad Miftahul Huda, peningkatan gaji ini tentunya harus menjadi semangat untuk meningkatkan kinerja anggota DPRD Bojonegoro.

"Kinerja wakil rakyat dengan gaji meningkat tentunya harus memperlihatkan prestasi yang membanggakan rakyat," 

Dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara disalah satu kampus di Bojonegoro ini minta wakil rakyat di Bojonegoro bisa introspeksi diri. Jika selama ini lebih banyak bolos dalam rapat, sebaiknya ke depan lebih ditingkatkan.

"Tanggung jawab dewan sangat besar. Baik dalam menyelesaikan pembahasan perda, pengawasan pembangunan, hingga tugas-tugas lainnya," ungkapnya. [lus/ted]

Komentar

?>