Selasa, 20 Nopember 2018

Dekati Nahdliyyin, Inilah Tantangan Puti Guntur

Selasa, 23 Januari 2018 16:45:38 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Dekati Nahdliyyin, Inilah Tantangan Puti Guntur

Malang (beritajatim.com) - Emil Listianto Dardak calon Wakil Gubernur Jawa Timur pasangan Khofiah Indar Parawansa dinilai lebih mudah masuk ke wilayah Nahdliyyin dibandingkan Puti Guntur Soekarno. Untuk itu, Puti Guntur membutuhkan usaha yang lebih keras.

"Puti Soekarno sosialisasinya harus dikuatkan untuk menarik masyarakat Jawa Timur yang secara basis dikuasi oleh warga Nahdliyyin," kata Wakil Dekan Fakultas Administrasi Universitas Islam Malang, Hayat, Selasa (23/1/2018).

Menurut Hayat, Puti harus bekerja keras dengan membangun kedekatan dengan para kiai Nahdlatul Ulama (NU). Nama Puti sendiri masih terdengar asing, ia hanya dikenal sebagai cucu Soekarno belakangan ini.

Terlebih Puti Soekarno bukanlah warga asli Jawa Timur. Namanya tidak setenar Emil Dardak yang menjadi Bupati Trenggalek. Beberapa kendala itu, dianggap sebagai tantangan yang harus dipecahkan oleh Puti Soekarno yang maju berpasangan dengan Saifullah Yusuf (Gus Ipul.

"Harus dibangun kedekatan-kedekatan kultural karena tidak mudah membangun kepercayaan bagi Puti yang bukan asli Jawa Timur. Tidak mudah mengambil suara di tapal kuda karena aspek profil juga mempengaruhi pilihan. Apalagi bicara sosok dan kepemimpinan, masyarakat Jawa Timur belum tahu Puti," papar Hayat.

Sedangkan Emil Dardak secara kultural dianggap bisa masuk dengan mudah ke kalangan Nahdliyin. "Kalau Emil Dardak secara kultural bisa lebih mudah masuk ke Nahdliyin," ucap Hayat. [luc/but]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>