Selasa, 16 Oktober 2018

Bupati Anas Pastikan Kualitas Beras OP Terjaga

Selasa, 23 Januari 2018 15:51:34 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Bupati Anas Pastikan Kualitas Beras OP Terjaga

Banyuwangi (beritajatim.com) - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik kegiatan Operasi Pasar (OP) yang digelar oleh Perpadi, Bulog dan Satgas Pangan Banyuwangi. 

Menurut Anas, OP sangat membantu warga Banyuwangi mendapatkan beras yang murah dengan kualitas cukup baik.

“Operasi pasar terbukti efektif memberikan beras dengan harga yang murah namun kualitasnya tetap terjaga. Kegiatan seperti ini tentunya harus didukung dan  rutin dilakukan melalui sinergi dengan berbagai pihak,” kata Anas, Selasa (23/1/2018).

OP ini, lanjut Anas, mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat. Seperti yang terlihat di Pasar Blambangan, meski baru 1,5 jam digelar sudah terjual 4 ton beras.

Warga pembeli mengaku beras OP ini kualitasnya lumayan dan harganya jauh di bawah pasaran. Seperti yang diangkapkan Harisda yang saat itu langsung mebeli 15 kg. 

“Setiap hari saya tanya di pasar harganya naik terus, terakhir saya tanya sudah Rp 11.500. Di OP ini murah, kualitasnya sama seperti yang biasanya saya beli, harganya cumag Rp 9.000,” jelas dia.

Begitu halnya Ani, salah seorang pembeli yang juga merespon positif OP ini. “Saya dengar ada operasi pasar jual beras murah. Langsung saya beli, selisih kok harganya. Alhamdulillah, agak hemat,” ungkapnya. 

Dalam OP ini, beras medium dijual dalam kemasan 5 kg, 10 kg dan 25 kg dengan harga Rp. 9000 per kilogram. Harga tersebut, lebih rendah dari harga pasaran yang saat ini berkisar antara Rp. 10.500 hingga Rp. 12.000 per kilogram.

OP tidak hanya melayani masyarakat perorangan, namun juga pedagang dan toko grosir dengan perjanjian tertentu. Mereka dilarang untuk menjual di atas Rp. 9000 per kilogram. (rin/ted)

Komentar

?>