Minggu, 18 Februari 2018
Dibutuhkan Wartawan Kriminal di Surabaya, Usia Maks 27 Tahun, S1, Punya Pengalaman, Kirim lamaran ke beritajatim@gmail.com

Blusukan, KPU Sampang Ajak Masyarakat Tidak Golput

Senin, 22 Januari 2018 23:57:40 WIB
Reporter : Zamachsari
Blusukan, KPU Sampang Ajak Masyarakat Tidak Golput

Sampang (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang gencar melakukan sosialisasi tahapan dan pendidikan pemilih yang salah satunya kepada kelompok petani.

Hal itu dilakukan guna meminimalisir angka golongan putih (Golput) dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati 2018.

"Sosialisasi ini tidak hanya kepada petani saja, beberapa waktu lalu kita juga melakukan kegiatan serupa kepada nelayan dan pemilih pemula," kata Komisioner KPU Sampang, H.Miftahur Rozaq, Senin (22/1/2018) malam.

Pria yang akrab disapa Rozaq ini menjelaskan, sosialisasi yang digelar kali ini khususnya membangun pendidikan politik, pendidikan pemilih dan meningkatkan partisipasi dalam pemilihan umum Gubernur-Wakil Gubernur dan Bupati-Wakil Bupati.

"Yang perlu diketahui pemilih, saat pencoblosan nanti akan disodorkan dua surat suara, yang pertama pemilihan Gubernur dan pemilihan Bupati, maka gunakan haknya yang telah memenuhi syarat, diantaranya berusia 17 tahun atau sudah menikah, berdomisili di wilayah pemilihan serta dalam kondisi sehat rohani," jelasnya.

Lebih lanjut Rozaq menambahkan, sosialisasi untuk mensukseskan Pemilukada serentak tahun ini berbeda pada sosialisasi terdahulu. Sebab, KPU turun langsung ke desa-desa untuk memberikan pendidikan pemilihan.

Semisal ada beberapa tahapan diantaranya, pada 12 Februari mendatang akan dilakukan penetapan pasangan calon, baik Gubernur-Wakil Gubernur dan Bupati-Wakil Bupati. Kemudian 15-23 Juni akan dilaksanakan kampanye para calon.

"Tidak hanya berorientasi pada meningkatnya partisipasi pemilih tapi juga peningkatan kualitas sehingga menjadi pemilih yang berkualitas. Karena negara yang berdaulat kerena pemilih yang kuat," tandasnya.

Pantauan di lokasi, sosialisasi yang dilaksanakan KPU ini juga dihadiri Kepala Staf (Kasdim) 0828 Sampang. Tujuannya, untuk memberikan edukasi tentang kondusifitas wilayah saat pelaksanaan Pilkada mendatang. [sar/suf]

Komentar

?>