Minggu, 18 Februari 2018
Dibutuhkan Wartawan Kriminal di Surabaya, Usia Maks 27 Tahun, S1, Punya Pengalaman, Kirim lamaran ke beritajatim@gmail.com

Pilkada Sampang

Panwas Minta ASN Tidak Terlibat Politik Praktis

Senin, 22 Januari 2018 23:07:18 WIB
Reporter : Zamachsari
Panwas Minta ASN Tidak Terlibat Politik Praktis
foto/ilustrasi

Sampang (beritajatim.com) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sampang mengingatkan kembali bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak ikut serta memberikan dukungan kepada para calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada 2018.

Seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 bahwa pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri dan kepala desa atau lurah, dilarang membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Divisi SDM dan Organisasi Panwaskab Sampang, Insiyatun mengatakan, dalam nota kesepahaman antara Kementerian Dalam Negeri, Komisi Aparatur Sipil Negara, Bawaslu RI dan Badan Kepegawaian Negara, juga disebutkan bahwa ASN tidak boleh mengunggah dan menyukai baik foto maupun visi dan misi dari pasangan calon di jejaring media sosial karena hal itu termasuk dalam pelanggaran.  

Insiyatun menegaskan, apabila di kemudian hari ditemukan ada ASN melanggar aturan itu, sanksinya adalah mulai dari teguran sampai pada pemberhentian. "Me-like saja di Facebook maupun media sosial lainnya itu tidak boleh karena itu sudah termasuk ikut kampanye," ucapnya.

Insiyatun menambahkan, pihaknya sudah menyampaikan imbauan itu ke kecamatan-kecamatan agar ASN itu bersikap netral pada Pilkada tahun ini. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan sosialisasi dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang untuk  menyampikan aturan tersebut kepada bawahannya agar bisa menjaga netralitas. [sar/suf]

Komentar

?>