Rabu, 23 Mei 2018

Puti Guntur Ziarah ke Makam Gus Dur dan Mbah Hasyim

Minggu, 21 Januari 2018 12:32:09 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Puti Guntur Ziarah ke Makam Gus Dur dan Mbah Hasyim

Jombang (beritajatim.com) - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno, berziarah ke makam Presiden keempat, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Minggu (21/1/3028) di komplek pemakaman Pesantren Tebuireng.

Puti yang mengenakan baju warna putih dan berkerudung merah datang bersama rombongan. Mereka diterima secara langsung oleh pengasuh pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah.

Gus Solah dan Puti Guntur kemudian menggelar pertemuan tertutup di 'dalem kasepuhan' selama kurang lebih 45 menit. Setelah pertemuan tersebut, Puti berziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH Wahid Hasyim, serta makam pendiri NU KH Hasyim Asyari. Makam tiga tokoh tersebut memang berada di satu lokasi.

Puti yang merupakan cucu Presiden Sukarno ini nampak khusuk berdoa di depan pusara tersebut. "Alhamdulillah, hari ini bisa berziarah ke makam ulama-ulama yang merupakan para pejuang," ujar Puti usai ziarah.

Dia mengatakan, selain berdoa sekaligus berikhtiar menyerap keteladanan tokoh bangsa asal pesantren Tebuireng, kedatangan Puti ke pesantren didirikan pada 1899 itu juga pesan khusus dari sang ayah, Guntur Sukarno Putra.

"Kakek saya (Sukarno) juga punya sejarah dengan Mbah Hasyim (KH Hasyim Asyari) dan para ulama di Indonesia," katanya menambahkan.

Sementara saat ditanya soal pertemuannya dengan Gus Sholah, Puti mengatakan hanya pertemuan biasa. Puti menyebut Gus Sholah adalah teman dekat sang ayah (Guntur Sukarno Putra), saat kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Hanya pertemuan biasa. Tidak ada pembicaraan serius. Saya hanya menyampaikan pesan ayah kepada Gus Solah," pungkasnya. [suf/but]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>