Rabu, 17 Oktober 2018

Jawa Timur Siap Jadi Pilot Project Hasil Tanwir Aisyiyah

Jum'at, 19 Januari 2018 23:46:59 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Jawa Timur Siap Jadi Pilot Project Hasil Tanwir Aisyiyah

Surabaya (beritajatim.com) - Gubernur Jatim Soekarwo menyatakan siap digandeng Aisyiyah menjadi provinsi yang menjalankan pilot project hasil dari hasil Tanwir I Aisyiyah yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surabaya, 19-21 Januari 2018.

Ungkapan apresiasi tersebut dikatakan Pakde Karwo sapaan akrabnya, saat memberikan sambutan dalam pembukaan Tanwir I Aisyiyah di kampus yang berada di Jalan Mulyorejo 59 Surabaya, Jumat (19/1/2018).

Ia mengatakan tema 'Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Pilar Kemakmuran Bangsa' yang dibahas dalam musyawarah tertinggi organisasi otonom wanita Muhammadiyah itu, sesuai dengan program kerja yang digelorakan di provinsi Jawa Timur.

"Selamat ber-Tanwir, Kepada ketua umum Aisyiyah, saya harap hasil dari Tanwir bisa tetapkan di Jatim, kami siap menjadi pilot project-nya," kata Soekarwo.

Menurutnya, penggerak ekonomi di Jatim juga diwujudkan melalui pemberdayaan perempuan. Sehingga politikus asal Demokrat itu menyakini provinsi Jatim memiliki kesamaan dengan apa yang dibahas pada Tanwir Aisyiyah.

"Contohnya, Jatim 10 kali berturut-turut mendapatkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Artinya di provinsi kami kaum perempuan sangat diperhatikan. Itu merupakan kesiapan kami," terangnya.

Ia meyakinkan, upaya menggerakkan pemberdayaan ekonomi perempuan menjadi salah satu program prioritas di Jatim. Itu diaplikasikan dalam program perekonomian berbasis keluarga yang dimotori oleh para ibu rumah tangga.

"Kami menempatkan program pemberdayaan perempuan sebagai prioritas kedua. Yakni dalam program pembangunan perekonomian berbasis keluarga yang dimotori ekonomi perempuan," kata Soekarwo.

Maka dari itu, tambahnya, jika keinginan Aisyiyah untuk menggerakkan pemberdayaan ekonomi perempuan sangat cocok diapilkasikan di Jatim.

"Semoga Aisyiyah nanti bisa melancarkan visi-misinya di Jatim, bahkan di Jatim juga banyak sekali kelompok fungsional termasuk Majelis Taklim perempuan. Itu merupakan kemampuan luar biasa yang sudah ditunjukkan oleh perempuan di Jatim," tukasnya. [ito/suf]

Tag : muhammadiyah

Komentar

?>