Rabu, 23 Mei 2018

Pembuatan LRT Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

Kamis, 18 Januari 2018 22:49:03 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Pembuatan LRT Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

Madiun (beritajatim.com) - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berharap proyek pembuatan LRT (Light Rapid Transit) bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Termasuk menyerap tenaga kerja dari lulusan SMK.

"Saya berharap, sesuai dengan arahan pak Jokowi. INKA sendiri dalam membuat LRT akan menyerap tenaga kerja. Termasuk dari SMK," katanya kepada wartawan, Kamis (18/1/2018).

Dia menejelaskan, ada penambahan sekitar 50% tenaga kerja baru dari total pekerja PT INKA yang saat ini sebanyak 5.000 orang.  "Jadi nanti tambah 50 persen lagi. Ya bisa diberdayakan lulusan SMK-nya," bebernya

Selain itu, Airlangga meminta kepada PT Industri Kereta Api (INKA) agar tidak meninggalkan industri kecil yang memproduksi komponen kereta api. Misalnya, industri kecil dan menengah (IKM) logam di Ceper, Klaten, Jawa Tengah.

"Tapi catat. PT INKA tidak boleh melupakan perkumpulan industri kecil komponen kereta api di Ceper, Klaten. Kalau tidak kepada Inka, kepada siapa lagi mereka akan menjual komponen yang diproduksi," kata Airlangga.

Kemenperin mendukung sepenuhnya PT INKA, termasuk pembangunan pabrik baru di Banyuwangi. Apalagi, saat ini PT Inka sudah merambah pasar luar negeri, di antaranya Bangladesh, Filipina, Thailand, Nigeria, dan beberapa negara lain.

Airlangga juga meminta kepada PT INKA agar semaksimal mungkin menggunakan bahan-bahan pembuatan kereta api dari perusahaan dalam negeri. Misalnya, membeli baja dari PT Krakatau Steel, PT Inalum, dan perusahaan lain.

Menurut dia, industri moda transportasi kereta api ini harus terus didorong. Dia berharap tidak hanya Jakarta dan di Palembang, moda transportasi kereta api juga dapat dikembangkan di Pulau Bali. [mit/suf]

Tag : jokowi

Komentar

?>