Sabtu, 18 Agustus 2018

PPL Dilantik, Siap Awasi Pemutakhiran Data Pemilih

Kamis, 18 Januari 2018 14:34:18 WIB
Reporter : Temmy P.
PPL Dilantik, Siap Awasi Pemutakhiran Data Pemilih

Sumenep (beritajatim.com) - Sebanyak 334 Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) se -Kabupaten Sumenep, diambil sumpahnya pada Kamis siang.

"PPL yang kami lantik ini tersebar di 330 desa dan 4 kelurahan. Masing-masing desa/ kelurahan, ada satu PPL. Mereka bertugas melakukan pengawasan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur 2018," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Sumenep, Hosnan Hermawan, Kamis (18/01/2018).

Ia menandaskan, setelah resmi dilantik, PPL Pilgub 2018 harus berkomitmen menjalankan tugas. Ada dua tantangan sebagai PPL, yakni paham aturan sebagai pengawas, dan paham dengan aturan yang diawasi.

"Dua tantangan itu harus bisa dipahami dengan baik oleh PPL. Diharapkan seluruh PPL di masing-masing desa, mampu menjalankan tugas sesuai atutan yang ada," tandasnya.

Selain itu, lanjut Hosnan, PPL juga diminta ikut berperan aktif melakukan sosialisasi pada masyarakat tentang Pilgub Jawa Timur 2018. "PPL sebaiknya ikut sosialisasi bersama tokoh masyarakat dan 'stake holder', memberikan pemahaman tentang pentingnya menggunakan hak suara," ujarnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, tugas pertama PPL adalah melakukan pengawasan dalam kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilgub yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

"Coklit dilakukan mulai 20 Januari - 18 Februari 2018. Selama kegiatan itu, maka PPL diminta intensif melakukan pengawasan," terangnya.

Ia menambahkan, untuk teknis pengawasan dalam coklit, pihaknya memberikan pembekalan bagi seluruh PPL, baik wilayah daratan dan kepulauan."Setelah pengambilan sumpah ini, PPL langsung kami beri pembekalan terkait teknis pengawasan dalam kegiatan coklit yang dilakukan PPDP," ucapnya. (tem/ted)

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>