Selasa, 17 Juli 2018

Deklarasi Mundjidah-Sumrambah

Lautan Manusia di Depan Tiga Panggung Raksasa

Minggu, 14 Januari 2018 19:08:54 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Lautan Manusia di Depan Tiga Panggung Raksasa

Jombang (beritajatim.com) - Tiga panggung raksasa berdiri kokoh di sisi selatan alun-alun Jombang, Minggu (14/1/2018). Panggung bagian tengah berisi tokoh-tokoh politik lokal serta bakal calon bupati-wakil bupati Jombang Mundjidah Wahab-Sumrambah.

Sedangkan dua panggung lainnya untuk hiburan, yakni diisi kelompok paduan suara dan orkes melayu serta para penyanyi. Sementara di depan panggung itu para pengunjung memadati lokasi. Jika dilihat dari atas seakan tidak ada sela antara satu orang dengan orang lainnya. Sesak dan padat. Deklarasi Mundjidah-Sumrambah benar-benar meriah.

Ribuan orang yang memadati alun-alun tersebut adalah para pendukung Mundjidah-Sumrambah dalam Pilkada Jombang 27 Juni 2018. Dari atas panggung Mundjidah yang mengenakan baju warna putih tak henti melambaikan tangan sebagai ungkapan selamat datang kepada para pendukungnya itu. Sama halnya dengan Sumrambah.

Bahkan di atas panggung itu dia beberapa kali harus menuruti para pendukung untuk berswafoto. Semakin siang, gelombang manusia terus mengalir. Mereka datang menggunakan berbagai kendaraan. Ada yang menggunakan minibus, kendaraan roda dua, hingga menumpang mobil pikap.

Menariknya kebanyakan dari mereka adalah para kaum hawa, yakni ibu-ibu Muslimat dari berbagai kecamatan di Jombang. Dalam sekejab, luasnya alun-alun Jombang berubah menjadi lautan manusia. Jumlah mereka mencapai puluhan ribu. Sengatan matahari tak membuat mereka beringsut.

Dalam kesempatan itu, pasangan calon yang diusung tiga partai politik tersebut juga memberikan sejumlah hadiah untuk hadirin. Di antaranya umrah gratis serta hadiah menarik lainnya. Para pengurus DPC partai pengusung turut hadir meramiakan deklarasi tersebut.

"Selain deklarasi, pasangan Mundjidah-Sumrambah juga meminta doa restu kepada masyarakat Jombang untuk maju dalam Pilakada 2018. Berdasarkan data yang ada di kami, jumlah yang hadir mencapai 40 ribu orang," ujar Sekretaris DPC PPP Jombang Ja’far Shodiq.

Pada puncak deklarasi, pasangan calon yang mengusung tagline 'Anti Pungli' ini juga membaca ikrar di hadapan puluhan ribu hadirin. Yakni, menjelaskan secara panjang lebar tentang program yang akan dijalankan jika Mundjidah-Sumrambah memimpin Jombang.

Ikrar yang dibacakan tersebut memuat tiga poin penting. Pertama tentang Jombang bersatu, kemudian Jombang berkualitas, serta Jombang yang berdaya saing. "Kami akan membuat kebijakan yang mendukung kegiatan semua kelompok masyarakat. Serta membangun pemerintahan yang bebas pungli," kata Mundjidah.

Dalam Pilkada 2018 mendatang, Mundjidah-Sumrambah diusung tiga parpol, yakni PPP (4 kursi), Demokrat (6 kursi) serta Gerindra (2 kursi). Selain itu, bakal paslon (pasangan calon) ini juga didukung Partai Perindo. Mereka mendaftarkan diri sebagai calon bupati/wakil bupati pada Senin (8/1/2018).

Baik Mundjidah maupun Sumrambah buka wajah baru dalam peta perpolitikan di Jombang. Saat ini putri KH Wahab Chasbullah itu menjabat sebagai Wabup Jombang (2013-2018). Sedangkan Sumrambah pada Pilkada sebelumnya (pilkada 2013) juga ikut bertarung meski dalam posisi calon wabup, namun kalah dalam pemilihan. [suf]

Komentar

?>