Senin, 17 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Ini Kata Badrut Taman tentang Prioritas Pembangunan Pamekasan

Minggu, 14 Januari 2018 15:12:37 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Ini Kata Badrut Taman tentang Prioritas Pembangunan Pamekasan
Cabup Pamekasan, Badrut Tamam (kanan) dan pasangannya. [Foto: Samsul/bj.com]

Pamekasan (beritajatim.com)--Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pamekasan, Badrut Tamam dan Raja'e, berkomitmen untuk membenahi beberapa sektor pembangunan demi mengembangkan daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Bahkan pasangan muda tersebut juga komitmen untuk mengembangkan pembangunan Pamekasan dimulai dari tingkat desa, seperti yang tertuang dalam visi misi dan program prioritas yang diusungnya: 'Membangun Pamekasan dari Bawah, Merata dan Berkeadilan'.

"Memang komitmen dari awal, kami akan memulai pembangunan Pamekasan mulai dari bawah. Kami mengusung akan menerapkan langkah pembangunan dimulai dari tingkat desa, desa harus inovatif dan mandiri," kata Badrut Tamam, Minggu (14/1/2018).

Sektor pendidikan akan dijadikan sebagai atensi tersendiri saat terpilih. Sebab, selama ini pihaknya menilai terdapat kesenjangan antara pendidikan maupun pembangunan di wilayah selatan dan utara Pamekasan.

"Salah satu misi yang kami usung adalah pemerataan pendidikan antara perkotaan dan di desa. Selama ini, di desa dan di kota cukup timpang dan tidak seimbang, fasilitas pendidikan di desa kurang dan fasilitas pendidikan di kota sebaliknya. Sementara saat keluar (lulus) nanti, mereka justru harus bersaing sama," ungkapnya.

Bukan hanya sebagai program prioritas, tapi sektor pendidikan harus benar-benar menjadi atensi dan prioritas demi menunjang pembangunan.

"Jangan main-main dengan pendidikan. Sebab, generasi muda sangat dibutuhkan di masa mendatang," imbuhnya.

"Guru, siswa dan manajemen pendidikan perlu dorongan hebat agar lebih baik. Siswa rajin, orang tua semangat, manajemen mempuni dan beberapa guru honorer harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Sebab, kalau pendidikan dipermainkan, jangan harap akan ada generasi hebat di masa mendatang," tegasnya.

Pihaknya mengaku sudah cukup lama bergelut dalam bidang pendidikan, sehingga upaya pemerataan pendidikan berkeadilan menjadi salah satu misi yang diusungnya.

"Insya Allah ke depan kita mendorong adanya beasiswa pendidikan, kesejahteraan guru, sekolah tinggi semakin bagus dan lainnya," imbuhnya.

"Dan tidak kalah penting, pesantren juga harus lebih mandiri secara ekonomi demi kemajuan. Sehingga kedepan ada kompetensi dan memiliki daya saing produktif," jelas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tidak hanya itu, pembangunan sektor pertanian juga tidak kalah penting untuk terus dikawal dan dikembangkan. Sebab, sektor tersebut merupakan sumber penghasilan sebagian besar masyarakat Pamekasan. Seperti petani jagung, bawang merah, tomat dan lainnya.

"Berdasar data yang kami pegang, lahan yang kita miliki tidak seimbang dengan jumlah penduduk yang bercocok tanam. Sehingga, sektor ini harus kita benahi dengan menyiapkan lahan, tentunya dengan penerapan manajemen baru yang mumpuni. Sehingga masyarakat bisa bangga menjadi petani," jelasnya.

Lain sektor pertanian lain juga sektor perikanan, pihaknya juga komitmen untuk terus mendorong agar masyarakat bisa berbangga menjadi petani ataupun nelayan yang mendapatkan perhatian serius demi kesejahteraan.

"Ke depan kami ingin Pamekasan bahagia dan sejuk, hal itu tentu sangat perlu diciptakan suasana sejuk, merata dan berkeadilan. Itu salah satu upaya kami untuk membangun Pamekasan dari bawah dan berkeadilan," pungkasnya. [pin/air]

Komentar

?>