Senin, 22 Oktober 2018

Yang Perlu Diketahui dari Pilgub Jatim 2018 (2)

Sabtu, 13 Januari 2018 22:16:23 WIB
Reporter : Ainur Rohim
Yang Perlu Diketahui dari Pilgub Jatim 2018 (2)
Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa.

Surabaya (berijatim.com)--Pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim 2018 menyimpan banyak data dan fakta penting yang sayang dilewatkan begitu saja. Apa data dan fakta dimaksud? Berikut laporannya secara bersambung.

Perhelatan politik lima tahunan ini, diikuti dua pasangan cagub- cawagub. Yakni, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarnoputra yang didukung PDIP, PKB, Partai Gerindra, dan PKS. Di titik lainnya ada pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil E Dardak yang didukung Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP, PAN, Partai Hanura, dan Partai NasDem.

Dengan demikian, Pilgub Jatim 2018 berlangsung dengan pola pertarungan head to head. Kedua figur cagub yang bertarung merepresentasikan kekuatan Islam Tradisional (NU) Jatim dan keduanya tak aktif di partai politik mana pun. Baik Gus Ipul maupun Khofifah keduanya pernah aktif di PPP dan PKB. Khusus Gus Ipul juga pernah duduk sebagai pengurus dan anggota DPR RI dari PDIP.

Untuk posisi cawagub yang ditempati Puti Guntur Soekarnoputra dan Emil E Dardak dipandang merepresentasikan kekuatan kaum Nasionalis dan tlatah budaya-politik Mataraman di Jatim. Puti kendati jarang bergerak di ranah politik Jatim, tapi keluarga besarnya: Bung Karno, dipandang memiliki garis sejarah politik dan kultur politik yang kuat di Jatim.

Di sisi lain, Emil Dardak yang belum sampai 3 tahun menjabat sebagai Bupati Trenggalek dipandang tokoh muda, generasi zaman now yang memiliki pemikiran brilian untuk memajukan Jatim dalam 5 tahun ke depan. [air/bersambung]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>