Selasa, 17 Juli 2018

Yang Perlu Diketahui dari Pilgub Jatim 2018 (1)

Sabtu, 13 Januari 2018 21:43:14 WIB
Reporter : Ainur Rohim
Yang Perlu Diketahui dari Pilgub Jatim 2018 (1)

Surabaya (beritajatim.com)--Pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim 2018 menyimpan banyak data dan fakta penting yang sayang dilewatkan begitu saja. Apa data dan fakta dimaksud? Berikut laporannya secara bersambung.

Perhelatan politik lima tahunan di Jatim itu bakal diikuti sebanyak 30,9 juta pemilih. Jumlah konstituen sebanyak itu merupakan yang terbesar kedua di tingkat nasional. Posisi pertama ditempati Jabar dengan sekitar 34 juta pemilih.

Jumlah pemilih Pilgub Jatim 2018 sebanyak itu tersebar di 38 kabupaten/kota di provinsi ini. Kabarnya, proporsi pemilih laki-laki dan perempuan dalam posisi seimbang. Karena itu, sensivitas dan persamaan gender mesti diperhatikan cagub-cawagub yang berkontestasi dan tim pemenangannya. Artinya, pemilih dengan gender wanita tak kalah nilai strategisnya dibandingkan dengan pemilih laki-laki.

Dari dua pasangan cagub-cawagub yang bertarung, yakni pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarnoputra dan Khofifah Indar Parawnsa dan Emil Dardak, keduanya memiliki gender wanita dalam pasangannya. Pilgub Jatim 2018 diperkirakan berlangsung dalam posisi seimbang dalam perspektif kontestasi politik antarkandidatnya. [air/bersambung]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>