Sabtu, 21 April 2018

Running Pilwali Kediri 2018

Mas Abu Bakal Luncurkan Prodamas Plus

Sabtu, 13 Januari 2018 19:27:18 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Mas Abu Bakal Luncurkan Prodamas Plus
Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar

Kediri (beritajatim.com) -- Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar akan melanjutkan Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) dalam kampanye pencalonan Pilwali Kediri 2018 nanti. 

Program ini dinilai masyarakat sangat mempercepat pembangunan daerah utamanya di kelurahan.

Abdullah Abu Bakar yang lebih dikenal dengan nama panggilan Mas Abu mengaku, ke depan akan bergulir Prodamaa Plus. Pihaknya telah mempersiapkan peraturan hukum yang memayunginya.

“realisasi fisik dalam program pemberdayaan masyarakat (prodamas) sudah terpenuhi. Makanya kami akan mengatur kembali proporsi realisasinya melalui prodamas plus,”ujar Mas Abu usai mendaftar sebagai bakal calon Walikota Kediri pereode 2018-2023 di KPU Kota Kediri, Senin (10/1/2018) lalu.

Prodamas telah berjalan sejak 2014 lalu. Berdasarkan aturan yang dibuat, proporsi realisasi dana sebesar Rp 50 juta tersebut peruntukannya untuk fisik sebanyak 60 persen, serta sosial dan ekonomi sebesar 40 persen. Namun saat ini beberapa RT kebutuhan fisiknya telah terpenuhi.

Karena itulah maka diperlukan regulasi ulang untuk mengatur kembali proporsi peruntukan dana prodamas tersebut. Kata Mas Abu pihaknya masih melakukan pembahasan terkait dengan program prodamas plus.

“Pembahasan kita terkait dengan “plus”nya ini masih belum final,” tambahnya.

Yang pasti prodamas plus nantinya ditujukan untuk meningkatkan IPM warga Kota Kediri. Sedangkan kriteria IPM sendiri ada empat poin. Mulai dari daya beli masyarakat atau bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan dan panjangnya umur warga.

“kemungkinan nantinya dana prodamas akan kami fokuskan ke bidang kesehatan dan pendidikan. Bahkan bisa jadi realisasinya disinergikan dengan program dari dinas-dinas terkait. Dan sekarang masih terus kita olah sehingga belum bisa dipastikan seperti apa nanti teknisnya,” jelasnya.

 

Program Prodamas merupakan janji Walikota Abdullah Abu Bakar dan Wakilnya Lilik Muhibbah (Mas Abu-Ning Lik) saat masa kampanye Pilkada 2013 lalu.Prodamas merupakan terobosan Pemerintah Kota Kediri di era kepemimpinan Mas Abu-Ning Lik (Walikota-Wawali) pereode pertama.

 

Dalam program ini, Pemkot Kediri mengucurkan dana sebesar Rp 50 juta kepada masing-asing RT, dengan komposisi pembangunan 60% untuk Infrastruktur (fisik), 40% Ekonomi-Sosial. Persiapan program ini sendiri membutuhkan waktu hampir setahun, mulai dari perencanaan, penerbitan payung hukum, pembentukan tim pengawas, dan lain sebagainya.

Dulu, dalam peluncurannya ditandai dengan penandatanganan nota kerja sama Pemkot Kediri dengan Kejaksaan Negeri Kota Kediri dan Kepolisian Kediri Kota dalam pengawasan program tersebut. 

Wali Kota Abdullah Abu Bakar selaku penggagas program itu sengaja menggandeng dua institusi penegak hukum tersebut untuk mengawasinya. Dirinya memang menginginkan program tersebut benar-benar bisa sampai ke masyarakat.

Prodamas ditelurkan untuk memajukan Kota Kediri. Makanya, prodamas diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Sehingga, pembangunan benar-benar merata hingga level terbawah.

Prodamas dikembangkan dan dirancang sebagai program unggulan Pemerintah Kota Kediri yang ditujukan untuk menumbuhkembangkan, menggerakan prakarsa dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Khususnya, ditingkat kelurahan dengan berbasiskan pada wilayah rukun tetangga (RT) sebagai upaya untuk mewujudkan kemampuan dan kemandirian masyarakat dalam pembangunan. (nng/ted)

Komentar

?>