Rabu, 23 Mei 2018

Tes Kesehatan Pilgub Jatim 2018

Darah Gus Ipul dan Khofifah Diambil 2 Kali

Sabtu, 13 Januari 2018 08:05:42 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Darah Gus Ipul dan Khofifah Diambil 2 Kali

Surabaya (beritajatim.com) - Tes kesehatan hari kedua yang meliputi Medis, Psikologi dan Narkotika selesai dilakukan kedua pasangan calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) yang maju dalam Pilgub Jatim 2018, Jumat (11/1/2018) malam.

Dari kedua Calon Gubernur itu menilai bahwa Tes kesehatan yang mereka jalani di hari kedua ini lebih lengkap, bila dibanding tahun sebelumnya. Bahkan, tes yang dilalui hampir hampir 10 jam itu seperti tes masuk TNI dan Polri.

Diketahui, dalam pemeriksaan kesehatan kedua itu meliputi pemeriksaan jantung, mata, paru-paru, gigi, mulut, saraf, dan darah. Setelah itu pasangan harus menjalani tes urine dari Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Jawa Timur.

"Pada cek darah diambil dua kali, yaitu sebelum makan kemudian sesudah makan. Makanya ini benar-benar lengkap, komplit," ujar Saifullah Yusuf, calon Gubernur dari PKB, PDIP, PKS, dan Gerindra, Jumat (12/1).

Diakui Gus Ipul, panggilan akrabnya, tes kesehatan jasmani ini seperti tes ketika seleksi TNI atau Polri. Seluruh calon harus diperiksa jasmaninya. Ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan jasmani dari calon.

"Pemeriksaan tes kesehatan kali ini benar lengkap. Seperti mirip masuk daftar TNI. Jadi ini bisa diketahui kondisi fisik dan psikis calon itu seperti apa dan bagaimana," kata Gus Ipul.

Sementara itu, Cagub Khofifah Indar Parawansa yang turun dari ruang pemeriksaan hampir bersamaan dengan Gus Ipul itu, menyampaikan tak ada kendala menjalani tes kesehatan meski melalui berbagai tahapan.

"Tahapan yang menarik saat tes psikologi dan proses menggambar sesuatu karena memang membutuhkan kreativitas," ucap perempuan yang juga Menteri Sosial tersebut.

Selanjutnya, giliran Puti Guntur Soekarno keluar yang juga mengaku tak ada kendala karena sudah pernah mengikuti tes dengan tahapan sama.

"Tadi sudah saya ikuti semua dan alhamdulillah lancar, baik tes medis sampai psikologinya," kata cucu Bung Karno tersebut.

Terakhir adalah Emil Dardak yang keluar ruangan dan menegaskan dirinya mampu menjalani setiap tahapan, termasuk tes psikologi yang dijadwalkan menjadi tahapan penutup tes kesehatan.

"Tidak ada kendala kok dan berjalan baik-baik saja. Tadi selesainya bersamaan dan saya sengaja keluar paling terakhir karena menghormati senior-senior," katanya. [ito/but]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>