Senin, 25 Juni 2018

Gugatan Kandas, Ali Masykuri Ajukan Banding

Jum'at, 12 Januari 2018 20:41:28 WIB
Reporter : M. Ismail
Gugatan Kandas, Ali Masykuri Ajukan Banding

Sidoarjo (beritajatim.com) - Gugatannya kandas di meja Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo, anggota Komis D DPRD Sidoarjo Ali Masykuri akan melakukan banding.

"Kami menyatakan banding atas putusan sela yang dijatuhkan majelis hakim PN Sidoarjo, beberapa waktu lalu. Kami sebut putusan sela, karena perkara itu baru bicara masalah prosedural. Belum masuk ke pokok perkara," ujar Muhammad Saiful SH, salah satu tim kuasa hukum Ali Masykuri, Jumat (12/1/2018).

Dia menjelaskan, putusan hakim PN Sidoarjo yang mengadili perkara tersebut sudah tepat. Sebab menurutnya, perkara yang digugat Ali Masykuri memang persoalan internal yang harus diselesaikan dulu di tingkat partai.

"Setelah ada keputusan partai, baru bisa diajukan gugatan ke pengadilan. Apalagi permohonan sengketa partai yang kami ajukan hingga saat ini juga belum ada keputusan, sampai jatuhnya putusan sela," tandasnya.

Implikasi dari putusan hakim, lanjut Saiful, perkara yang disoal Ali Masykuri belum bisa diadili oleh pengadilan. Sehingga hakim berkeputusan untuk mengembalikan lagi masalah tersebut ke partai, untuk diselesaikan. "Jadi dalam hal ini tidak ada pihak yang dikalahkan maupun dimenangkan. Karena perkara itu memang masih ranahnya partai," tegas dia.

Dari sikap itu pula, sambung Saiful, pihaknya mengirimkan surat pemberitahuan ke DPRD Sidoarjo. Surat itu berisi pesan, bahwa persoalan hukum dibalik upaya PAW Ali Masykuri masih belum inkracht (berkekuatan hukum tetap), sehingga belum bisa diambil langkah hukum apa pun. Termasuk menjalankan proses PAW Ali Masykuri.

Ketua DPD Partai Nasdem Sidoarjo H Dawud Budi Sutrisno SH MH justru menyambut gembira putusan hakim. Ia bahkan optimis, putusan itu akan mempercepat proses PAW Ali Masykuri. Terlebih beberapa waktu lalu, Ketua DPRD Sidoarjo H Sullamul Hadi Nurmawan SThI juga menyampaikan kepada dirinya, bahwa Ali Masykuri akan tetap di PAW meski mengajukan banding. "Pernyataan itu disampaikan Ketua DPRD saat mengundang saya beberapa waktu lalu," ungkapnya.

Terpisah, H Sullamul kontan membantah. Politisi PKB yang akrab disapa Gus Wawan itu menegaskan, dirinya tak pernah memberikan statemen sebagaimana klaim Dawud. "Insya Allah saya tidak pernah memberikan pernyataan semacam itu. Waktu itu saya hanya bilang, kalau pengajuan surat (PAW Ali Masykuri) ke Gubernur, menunggu putusan final dari pengadilan," jelasnya. [isa/suf]

Tag : dprd

Komentar

?>