Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Pilwali Kediri

Final, PDIP Dukung Mas Abu - Ning Lik

Senin, 08 Januari 2018 10:13:06 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Final, PDIP Dukung Mas Abu - Ning Lik

Kediri (beritajatim.com) - Keputusan mengejutkan diambil PDI Perjuangan dalam Pilwali Kediri 2018. Memasuki masa pendaftaran, partai berlambang Moncong Putih ini akhirnya menjatuhkan pilihan untuk mendukung petahana Abdullah Abu Bakar dan Lilik Muhibbah.

Keputusan tersebut disampaikan Bendahara DPD PDIP Jawa Timur Wara Reni Pramana saat dihubungi beritajatim.com, Senin (8/1/2018) pagi. "Dengan berbagai pertimbangan dan koordinasi dengan Pak Adi Suwono, akhirnya kita mendukung incumbent," kata Reni yang juga wakil Ketua DPRD Kota Kediri ini.

PDIP adalah salah satu partai politik yang membuka pendaftaran bakal calon dalam Pilkada serentak 2018 ini. Partai ini memiliki empat kursi di DPRD. Sehingga masih butuh tambahan dua kursi lagi agar bisa mengusung pasangan calon.

Semula ada dua pendaftar bakal calon walikota yang mengambil dan mengembalikam formilir di DPC PDIP. Diantaranya, Samsul Ashar, mantan Walikota Kediri dan Sujono Teguh Wijaya, anggota DPRD Kota Kediri. Tetapi akhirnya Sujono mundur dan berpasangan dengan Aizzudin Abdurrahman yang diusung oleh koalisi Partai Golkar dan PKB.

Sementara itu, Samsul Ashar dipastikan mengurungkan niatnya di PDIP. Sebab, hingga sehari menjelang pendaftaran tidak ada konfirmasi ke DPP PDIP. Hal tersebut menjadi pertimbangan PDIP untuk akhirnya mendukung petahana.

"Samsul Ashar sampai H - 1 tidak komitmen PDI Perjuangan. Gerindra, PPP hanya diomban- ambing. DPP, DPD sudah gotong royong bantu, tetapi tidak menunjukan etika baiknya. Maunya dibiayai partai dan wakilnya," kata Reni.

Dengan rentetan proses tersebut, akhirnya PDIP melakukan koordinasi termasuk dengan Adi Suwono, salah satu pendaftar bakal calon wakil walikota. Partai yang telah mengantarkan Joko Widodo menjadi Presiden RI ini akhirnya memutuskan untuk mendukung pasangan petahana Mas Abu dan Ning Lik. Sementara ditanya mengenai alasan keputusan tersebut, kakak dari Pramono Anung ini menjawab petahana 'menang'.

Sementara itu KPU Kota Kediri mulai membuka pendaftaran paslon walikota Kediri dari jalur partai hari dan ditutup pada 10 Januari 2018. Informasi yang didapat pasangan petahana akan mengambil kesempatan pertama dalam mendaftar. Pasangan Mas Abu dan Ning Lik diusung koalisi PAN, PKS, NasDem dan Partai Demokrat. [nng/suf]

Komentar

?>