Kamis, 26 April 2018

Ini Harapan Pemprov Usai Tol Sumo Diresmikan Jokowi

Jum'at, 15 Desember 2017 13:57:36 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Ini Harapan Pemprov Usai Tol Sumo Diresmikan Jokowi

Surabaya (beritajatim.com) - Presiden RI Jokowi dijadwalkan akan meresmikan pengoperasian jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi 1B, II dan III di Gerbang Tol Warugunung pada Selasa (19/12/2017) pukul 15.00 WIB.

"Sesuai informasi dari BPJT, peresmian tol itu diagendakan tanggal 19 Desember. Jalan tol Sumo seksi 1B, 2 dan 3 sepanjang 15,4 km memang sangat ditunggu operasionalnya oleh masyarakat. Mengingat keberadaan tol ini (15,4 km) sebagai pamungkas dari seluruh rangkaian panjang tol Sumo 36,27 km," kata Kadis PU Bina Marga Provinsi Jatim Gatot Sulistyo Hadi kepada wartawan di kantornya, Jumat (15/12/2017).

Pihaknya berharap keberadaan tol Sumo tersebut bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat dalam menyambut libur Natal dan Tahun baru.

Sementara tol Sumo yg sudah dioperasionalkan adalah seksi IV, IC Krian-IC Mojokerto sepanjang 18,5 km yang entrynya harus melalui Legundi yang lalinnya setiap hari cukup padat.

Sekadar diketahui, ruas jalan tol di Jatim yang sedang dibangun pada saat ini adalah ruas Jalan Tol Trans Jawa Mantingan-Kertosono, Porong-Gempol, Gempol-Pasuruan, Pasuruan-Probolinggo, Probolinggo-Banyuwangi (persiapan pembangunan) dan Jalan Tol Non Trans Jawa Pandaan-Malang serta Krian Legundi-Bunder-Manyar.

Dengan diresmikannya jalan tol Surabaya-Mojokerto Seksi IB, Seksi II dan Seksi III diharapkan dapat mendorong penyelesaian percepatan jalan tol yang sedang dibangun untuk segera diselesaikan pembangunannya sehingga dapat difungsikan pada saat Iebaran 2018 dan dapat tersambung secara efektif yang dimulai dari Jalan Tol Mantingan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto, Porong-Gempol, Gempol-Pasuruan dan Pasuruan-Probolinggo.

Dan tidak kalah pentingnya serta mendesak adalah Jalan Tol Non Trans Jawa Pandaan-Malang, diharapkan percepatan pembangunannya, agar dapat difungsikan juga pada saat Lebaran 2018, mengingat kepadatan Ialu lintas di ruas jalan nasional Pandaan-Malang sudah sangat tinggi.

"Kami harap dengan adanya pembangunan jalan tol ini, maka akan mengungkit dan membangkitkan perkembangan wilayah dengN peningkatan ekonomi, mobilitas barang Iebih cepat, aman nyaman dan pada gilirannya biaya transportasi menjadi lebih murah," pungkasnya. (tok/kun)

Komentar

?>